RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Guru |
: |
Rasyid
Ridho, S.Pd |
Sekolah |
: |
SMP
Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Genap
2020-2021 |
Mata
Pelajaran |
: |
IPA
Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Struktur Bumi/Litosfer |
Alokasi
Waktu |
: |
2 x 40 menit (pertemuan 1) |
A. |
Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran |
|||
3.10 |
Memahami lapisan bumi, gunung api, gempa bumi,
dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai
ancaman bencana di daerahnya |
4.10 |
Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan
dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi
bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya |
|
3.10.1 |
Siswa mampu menjelaskan
struktur penyusun
lapisan litosfer dengan tepat melalui diskusi kelas yang dilakukan dengan disiplin, rasa tanggung jawab, jujur, dan relijius |
|||
3.10.2 |
Siswa
mampu menjelaskan teori tektonik lempeng dan konveksi pembentukan litosfer
melalui demonstrasi dengan tepat yang
dilakukan dengan disiplin, rasa tanggung jawab, jujur, dan relijius |
|||
4.10.1 |
Siswa mampu menyajikan
laporan sederhana hasil
pengamatan demonstrasi teori tektonik lempeng dengan benar yang dilakukan
dengan disiplin, rasa tanggung jawab, jujur, dan relijius |
|||
B. Model
Pembelajaran |
|||
1. |
Pendekatan |
: |
Saintifik |
2. |
Metode |
: |
Demonstrasi |
3. |
Model |
: |
Discovery learning |
C. Sumber
Pembelajaran |
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Ilmu
Pengetahuan Alam untuk SMP/MTS Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
Guru Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Tim Abdi Guru. 2018. IPA
Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII.
Jakarta: Erlangga |
D. Media
Pembelajaran |
|||
Media/Alat |
|||
1. |
Laptop |
3. |
Lembar
Kerja Siswa |
2. |
Handphone |
4. |
Bunsen
dan kaki tiga |
3. |
Materi
presentasi Ppt |
5. |
Gelas
kimia |
Bahan |
|||
1. |
Kertas
dan kasa |
3. |
Spirtus |
2. |
Air |
4. |
Pewarna |
E. |
Kegiatan Pembelajaran |
|
Pendahuluan 1. Orientasi
(salam pembuka, berdoa, memeriksa presensi awal) 2. Apersepsi
(mengajukan pertanyaan “Apa yang kamu pikirkan ketika melihat bawang merah?
Bawang merah memiliki kesamaan dengan Bumi loh. Ada yang tahu?”), (mengaitkan
pembelajaran terdahulu), (Bumi tersusun atas 3 lapisan). 3. Motivasi:
memberi gambaran manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan
pembelajaran, menyampaikan aspek yang dinilai dan menyampaikan kegiatan yang
dilakukan pada pertemuan ini. |
10 menit |
|
Kegiatan Inti 1.
Stimulasi: Siswa mengamati video tentang perubahan
permukaan Bumi dari masa ke masa melalui google meet 2.
Identifikasi masalah: Siswa diberi kesempatan untuk
bertanya dan membuat hipotesis tentang video tadi 3.
Pengumpulan data: Siswa menyimak guru menerangkat
teori perubahan permukaan Bumi melalui google meet 4.
Pengolahan data: Siswa bersama dengan guru
berdiskusi (tanya-jawab) 5.
Pembuktian: Siswa dipandu oleh guru melakukan
demonstrasi secara daring, membuktikan teori tektonik lempeng dan konveksi
yang membentuk litosfer 6.
Penarikan kesimpulan: Siswa diberi kesempatan untuk
menarik kesimpulan pada hasil demonstrasi tersebut |
40 menit |
|
Penutup 1.
Siswa dan guru merangkum secara lisan materi
pembelajaran hari ini 2.
Siswa dan guru merefleksikan kegiatan pembelajaran
hari ini 3.
Menyampaikan Q.S Ath-Thalaq: 12 4.
Siswa diberi kesempatan bertanya kepada guru di luar
jam pembelajaran apabila belum paham mengenai materi ini 5.
Siswa diberi pengayaan berupa video tentang teori
perkembangan Bumi https://youtu.be/WRSpvVOaUOE 6.
Siswa diberi pengarahan tentang pertemuan berikutnya
|
10 menit |
|
F. |
Remedial dan Pengayaan |
Remedial |
|
1. |
Menjelaskan
kembali mengenai teori tektonik lempeng dan konveksi |
Pengayaan |
|
1. |
Teori perkembangan
permukaan Bumi |
G. |
Teknik
dan Instrumen Penilaian |
||
Pengetahuan |
|||
1. Menjelaskan struktur
penyusun
lapisan litosfer 2. Menjelaskan
teori tektonik lempeng |
Tes tertulis |
Instrumen terlampir |
|
Sikap |
|||
1.
Jurnal observasi 2.
Penilaian diri 3.
Penilaian sebaya antarteman |
Nontes Tes |
Instrumen terlampir |
|
Keterampilan |
|||
1. Laporan
hasil demonstrasi |
Laporan |
Instrumen terlampir |
|
Rangkasbitung,
Januari 2021
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah Siti
Maryam, SP |
Guru Mata Pelajaran IPA Terpadu
Rasyid
Ridho, S.Pd |
Lampiran 1: Instrumen Penilaian Pengetahuan
A.
Kisi-Kisi
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi : Bab 10 Struktur Bumi
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda
Kompetensi
Dasar |
IPK |
Materi
Pokok |
Indikator
Soal |
Level
Soal |
Nomor
Soal |
3.10 Memahami lapisan bumi, gunung api, gempa bumi,
dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai
ancaman bencana di daerahnya |
Menjelaskan struktur
penyusun
lapisan litosfer |
Lapisan
Penyusun Litosfer |
Disajikan
berbagai ketinggian daratan, siswa mampu menyebutkan ketinggian daratan
rendah |
C1 |
1 |
Disajikan
struktur batuan penyusun litosfer, siswa mampu menyebutkan jenis batuan
penyusun litosfer |
C1 |
2 |
|||
Menjelaskan
teori tektonik lempeng |
Teori
Tektonik Lempeng dan Konveksi |
Disajikan
gambar tentang permukaan litosfer zaman dahulu, siswa mampu menyebutkan nama
benua tersebut |
C2 |
3 |
|
Disajikan
kondisi lempeng tektonik yang bergerak secara divergent, siswa mampu
menjelaskan dampak dari peristiwa tersebut |
C3 |
4 |
|||
Disajikan
penyebab lempeng benua bergerak, siswa mampu menganalis mengapa lempeng dapat
bergerak sesuai teori lempeng tektonik dan konveksi |
C3 |
5 |
B.
Instrumen
Soal
Beri tanda silang pada pilihan jawaban yang paling
tepat!
1. Suatu
permukaan Bumi dikatakan sebagai dataran rendah apabila ketinggiannya….
a. Lebih
dari 200 mdpl
b. Kurang
dari 200 mdpl
c. Lebih
dari 0 mdpl
d. Kurang dari
0 mdpl
2. Berikut
ini adalah batuan yang menyusun kerak Bumi, kecuali….
a. Batuan
beku
b. Batuan
metamorfik
c. Batuan
panas
d. Batuan
sedimen
3. Perhatikan gambar ini!
Pada zaman dahulu litosfer masih menyatu membentuk
sebuah daratan besar seperti gambar di atas yang bernama…
a. Pangeae
b. Gondwana
c. Eurasia
d. Laurasia
4. Adanya
pergerakan lempeng tektonik secara divergent atau menjauh akan membentuk
lapisan permukaan Bumi sebagai….
a. Lipatan
b. Tumbukan
c. Palung
laut
d. Patahan
5. Konveksi
inti Bumi dapat menyebabkan pergerakan lempeng tektonik karena….
a. Material
mantel Bumi di dekat inti bumi bergerak ke atas karena massa jenisnya berkurang
b. Material
mantel Bumi di dekat inti bumi diam
c. Material
mantel Bumi di permukaan bergerak ke bawah karena massa jenisnya berkurang
d. Material
mantel Bumi di permukaan menghilang
C.
Kunci
Jawaban
1. b, 2. c, 3. a, 4. d, 5. a.
D.
Pedoman
Penskoran
Setiap jawaban benar mendapat skor 1
Skor maksimal 5
Lampiran 2: Instrumen Penilaian Sikap
A. Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan
sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses
pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru.
Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No |
Nama
Siswa |
Sikap |
Ket
|
|||||||||||
Jujur
|
Tanggung Jwb |
Disiplin |
Relijius |
|||||||||||
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian Sikap
No |
Aspek Yang Dinilai |
Skor |
Deskripsi |
1 |
Jujur |
3 |
Siswa
bersikap jujur saat mengerjakan tugas kelompok |
2 |
Siswa
kurang bersikap jujur saat mengerjakan tugas kelompok |
||
1 |
Siswa
tidak jujur saat mengerjakan tugas kelompok |
||
2 |
Tanggung
Jawab |
3 |
Siswa bertanggung
jawab atas tugas yang diberikan |
2 |
Siswa kurang
bertanggung jawab atas tugas yang diberikan |
||
1 |
Siswa tidak
bertanggung jawab atas tugas yang diberikan |
||
3 |
Disiplin |
3 |
Siswa disiplin
saat mengerjakan tugas |
2 |
Siswa kurang
disiplin saat mengerjakan tugas |
||
1 |
Siswa tidak
disiplin saat mengerjakan tugas |
||
4 |
Relijius |
3 |
Siswa bersikap
relijius dengan berdoa di awal dan akhir pelajaran |
2 |
Siswa kurang
relijiusdengan berdoa di awal atau akhir
pelajaran |
||
1 |
Siswa tidak
bersikap relijius saat
tidak berdoa |
Penskoran Aspek Sikap:
Nilai Sikap : Jumlah skor perolehan X 100
Jumlah skor
maksimum
Kategori :
86 - 100 : Sangat Baik
(A)
71 - 85 : Baik (B)
55 – 70 : Cukup (C)
≤ 55 : Kurang (D)
B. Penilaian Diri
Berilah
tanda centang (√) pada kolom di bawah ini!
|
PERNYATAAN |
1 |
2 |
3 |
4 |
Jumlah Skor
|
Nilai |
1 |
Saya
selalu berdoa sebelum melakukan aktiftas. |
|
|
|
|
|
|
2 |
Saya
sholat lima waktu tepat waktu. |
|
|
|
|
||
3 |
Saya
berani mengakui kesalahan saya. |
|
|
|
|
||
4 |
Saya
menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu. |
|
|
|
|
||
5 |
Saya
berani menerima resiko atas tindakan yang saya lakukan. |
|
|
|
|
||
6 |
Saya
mengembalikan barang yang saya pinjam. |
|
|
|
|
||
7 |
Saya
meminta maaf jika melakukan kesalahan. |
|
|
|
|
||
8 |
Saya
datang sekolah tepat waktu. |
|
|
|
|
||
9 |
Saya
tidak berkata-kata kotor, kasar dan takabur |
|
|
|
|
||
10 |
Saya
meminta izin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang
milik orang lain |
|
|
|
|
||
JUMLAH |
|
|
|
|
Pedoman
Penskoran:
Skor
4 = Selalu
Skor
3 = Sering
Skor
2 = Kadang-kadang
Skor
1 = Tidak Pernah
Nilai = Jumlah Skor Perolehan X 100
Jumlah Skor maksimal
Kategori
:
86 -
100 : Sangat Baik (A)
71 -
85 : Baik (B)
55 –
70 : Cukup (C)
≤ 55 : Kurang (D)
C.
Penilaian Antar teman
Berilah tanda
centang (√) pada kolom di bawah ini!
NO |
PERNYATAAN |
1 |
2 |
3 |
4 |
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1 |
Teman
saya selalu berdoa sebelum melakukan aktifitas. |
|
|
|
|
|
|
2 |
Teman
saya sholat lima waktu tepat waktu. |
|
|
|
|
|
|
3 |
Teman
saya tidak menyontek dalam mengerjakan ujian / ulangan. |
|
|
|
|
|
|
4 |
Teman
saya menyelesaikan tugas tepat waktu. |
|
|
|
|
|
|
5 |
Teman
saya tidak menyalahkan orang lain untuk kesalahan karena tindakan dirinya
sendiri |
|
|
|
|
|
|
6 |
Teman
saya melaporkan data atau informasi apa adanya. |
|
|
|
|
|
|
7 |
Teman
saya mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilkakukan |
|
|
|
|
|
|
8 |
Teman
saya datang sekolah tepat waktu. |
|
|
|
|
|
|
9 |
Teman
saya tidak berkata-kata kotor, kasar dan takabur |
|
|
|
|
|
|
10 |
Teman
saya meminta izin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan
barang milik orang lain |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Penskoran:
Skor
4 = Selalu
Skor
3 = Sering
Skor
2 = Kadang-kadang
Skor
1 = Tidak Pernah
Nilai = Jumlah Skor Perolehan X 100
Jumlah Skor maksimal
Kategori
:
86 -
100 : Sangat Baik (A)
71 -
85 : Baik (B)
55 –
70 : Cukup (C)
≤ 55 : Kurang (D)
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMP Terpadu Al-Qudwah
Kelas/Semester
: IX/ Ganjil
Tahun
pelajaran : 2020/2021
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
No |
Waktu |
Nama
Siswa |
Catatan
Prilaku |
Butir
Sikap |
Ttd |
Tindak
Lanjut |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
Lampiran 3: Instrumen Penilaian Keterampilan
A.
Lembar
Kerja Siswa
Petunjuk
Pengerjaan
1. Tulislah
nama lengkap dan kelasmu
2. Kerjakan
dengan cara menyalin soal ini di buku tulismu kemudian dijawab
3. Kerjakan
dengan menggunakan ballpoint agar terlihat jelas dan rapi
4. Dikumpulkan
di elearning setelah jam IPA selesai
Nama: ………………
Kelas: ………………
Jawablah
soal-soal dibawah ini berkaitan dengan demonstrasi yang dilakukan tadi
1. Tuliskan
hipotesis (pertanyaan) tentang video perkembangan permukaan bumi dari masa ke
masa sesuai pemahamanmu! Minimal 2 buah pertanyaan.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Jelaskan mengapa
lempeng Bumi dapat bergerak! Tuliskan sumber jawabanmu!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Mengapa
kertas bergerak pada saat dimasukkan ke gelas kimia dengan air mendidih?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Tuliskan
kesimpulanmu tentang struktur litosfer dan teori tektonik lempeng!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
B.
Rubrik
Penilaian Keterampilan
No. |
Kriteria |
Skor |
||
5 |
3 |
1 |
||
1. |
Sesuai dengan format laporan sederhana yang
diperintahkan |
Ditulis di buku, nomor soal urut, menulis hipotesis
sesuai |
Ditulis di buku, nomor soal urut, hipotesis tidak
sesuai |
Ditulis di buku, nomor soal tidak urut, hipotesis
tidak sesuai |
2. |
Kalimat |
Terdapat
unsur kalimat yang lengkap (SPO) |
Unsur
kalimat tidak lengkap |
Kalimat
berantakan |
3. |
Kesimpulan |
Menyimpulkan
isi materi litosfer dan teori tektoni lempeng |
Menyimpulkan
isi salah satu materi saja |
Menyimpulkan
hal yang lain |
C.
Pedoman
Penskoran
Skor maksimal: 15
0 komentar:
Posting Komentar