WHAT'S NEW?
Loading...

RPP Selembar Struktur Bumi Kelas 7 SMP

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Guru

:

Rasyid Ridho, S.Pd

Sekolah

:

SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar

Kelas/Semester

:

VII/Genap 2020-2021

Mata Pelajaran

:

IPA Terpadu

Materi/Topik

:

Struktur Bumi/Litosfer

Alokasi Waktu

:

2 x 40 menit (pertemuan 1)

 

A.

Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran

3.10

Memahami lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya

4.10

Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya

3.10.1

Siswa mampu menjelaskan struktur penyusun lapisan litosfer dengan tepat melalui diskusi kelas yang dilakukan dengan disiplin, rasa tanggung jawab, jujur, dan relijius

3.10.2

Siswa mampu menjelaskan teori tektonik lempeng dan konveksi pembentukan litosfer melalui demonstrasi dengan tepat yang dilakukan dengan disiplin, rasa tanggung jawab, jujur, dan relijius

4.10.1

Siswa mampu menyajikan laporan sederhana hasil pengamatan demonstrasi teori tektonik lempeng dengan benar yang dilakukan dengan disiplin, rasa tanggung jawab, jujur, dan relijius

 

B.     Model Pembelajaran

1.

Pendekatan

:

Saintifik

2.

Metode

:

Demonstrasi

3.

Model

:

Discovery learning

 

C.     Sumber Pembelajaran

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTS Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Abdi Guru. 2018. IPA Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Erlangga

 

D.    Media Pembelajaran

Media/Alat

1.

Laptop

3.

Lembar Kerja Siswa

2.

Handphone

4.

Bunsen dan kaki tiga

3.

Materi presentasi Ppt

5.

Gelas kimia

Bahan

1.

Kertas dan kasa

3.

Spirtus

2.

Air

4.

Pewarna

 

E.

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

1.      Orientasi (salam pembuka, berdoa, memeriksa presensi awal)

2.      Apersepsi (mengajukan pertanyaan “Apa yang kamu pikirkan ketika melihat bawang merah? Bawang merah memiliki kesamaan dengan Bumi loh. Ada yang tahu?”), (mengaitkan pembelajaran terdahulu), (Bumi tersusun atas 3 lapisan).

3.      Motivasi: memberi gambaran manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan aspek yang dinilai dan menyampaikan kegiatan yang dilakukan pada pertemuan ini.

10 menit

Kegiatan Inti

1.      Stimulasi: Siswa mengamati video tentang perubahan permukaan Bumi dari masa ke masa melalui google meet

2.      Identifikasi masalah: Siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan membuat hipotesis tentang video tadi

3.      Pengumpulan data: Siswa menyimak guru menerangkat teori perubahan permukaan Bumi melalui google meet

4.      Pengolahan data: Siswa bersama dengan guru berdiskusi (tanya-jawab)

5.      Pembuktian: Siswa dipandu oleh guru melakukan demonstrasi secara daring, membuktikan teori tektonik lempeng dan konveksi yang membentuk litosfer

6.      Penarikan kesimpulan: Siswa diberi kesempatan untuk menarik kesimpulan pada hasil demonstrasi tersebut

40 menit

Penutup

1.      Siswa dan guru merangkum secara lisan materi pembelajaran hari ini

2.      Siswa dan guru merefleksikan kegiatan pembelajaran hari ini

3.      Menyampaikan Q.S Ath-Thalaq: 12

4.      Siswa diberi kesempatan bertanya kepada guru di luar jam pembelajaran apabila belum paham mengenai materi ini

5.      Siswa diberi pengayaan berupa video tentang teori perkembangan Bumi https://youtu.be/WRSpvVOaUOE

6.      Siswa diberi pengarahan tentang pertemuan berikutnya

10 menit

 

F.

Remedial dan Pengayaan

Remedial

1.

Menjelaskan kembali mengenai teori tektonik lempeng dan konveksi

Pengayaan

1.

Teori perkembangan permukaan Bumi

 

G.

Teknik dan Instrumen Penilaian

Pengetahuan

1.      Menjelaskan struktur penyusun lapisan litosfer

2.      Menjelaskan teori tektonik lempeng

Tes tertulis

Instrumen terlampir

Sikap

1.      Jurnal observasi

2.      Penilaian diri

3.      Penilaian sebaya antarteman

Nontes

Tes

Instrumen terlampir

Keterampilan

1.      Laporan hasil demonstrasi

Laporan

Instrumen terlampir

 

Rangkasbitung,    Januari 2021

Mengetahui,

Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah

 

Siti Maryam, SP

 

Guru Mata Pelajaran IPA Terpadu


  

Rasyid Ridho, S.Pd

 

 

Lampiran 1: Instrumen Penilaian Pengetahuan

A.     Kisi-Kisi

 

Mata Pelajaran             : IPA

Kelas/Semester                        : VII/Genap

Materi                          : Bab 10 Struktur Bumi

Bentuk Soal                 : Pilihan Ganda

 

Kompetensi Dasar

IPK

Materi Pokok

Indikator Soal

Level Soal

Nomor Soal

3.10 Memahami lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya

Menjelaskan struktur penyusun lapisan litosfer

Lapisan Penyusun Litosfer

 

Disajikan berbagai ketinggian daratan, siswa mampu menyebutkan ketinggian daratan rendah

C1

1

Disajikan struktur batuan penyusun litosfer, siswa mampu menyebutkan jenis batuan penyusun litosfer

C1

2

Menjelaskan teori tektonik lempeng

Teori Tektonik Lempeng dan Konveksi

Disajikan gambar tentang permukaan litosfer zaman dahulu, siswa mampu menyebutkan nama benua tersebut

C2

3

Disajikan kondisi lempeng tektonik yang bergerak secara divergent, siswa mampu menjelaskan dampak dari peristiwa tersebut

C3

4

Disajikan penyebab lempeng benua bergerak, siswa mampu menganalis mengapa lempeng dapat bergerak sesuai teori lempeng tektonik dan konveksi

C3

5

 

B.     Instrumen Soal

Beri tanda silang pada pilihan jawaban yang paling tepat!

1.      Suatu permukaan Bumi dikatakan sebagai dataran rendah apabila ketinggiannya….

a.       Lebih dari 200 mdpl

b.      Kurang dari 200 mdpl

c.       Lebih dari 0 mdpl

d.      Kurang dari 0 mdpl

2.      Berikut ini adalah batuan yang menyusun kerak Bumi, kecuali….

a.       Batuan beku

b.      Batuan metamorfik

c.       Batuan panas

d.      Batuan sedimen

 

3.      Perhatikan gambar ini!

Pada zaman dahulu litosfer masih menyatu membentuk sebuah daratan besar seperti gambar di atas yang bernama…

a.       Pangeae

b.      Gondwana

c.       Eurasia

d.      Laurasia

4.      Adanya pergerakan lempeng tektonik secara divergent atau menjauh akan membentuk lapisan permukaan Bumi sebagai….

a.       Lipatan

b.      Tumbukan

c.       Palung laut

d.      Patahan

5.      Konveksi inti Bumi dapat menyebabkan pergerakan lempeng tektonik karena….

a.       Material mantel Bumi di dekat inti bumi bergerak ke atas karena massa jenisnya berkurang

b.      Material mantel Bumi di dekat inti bumi diam

c.       Material mantel Bumi di permukaan bergerak ke bawah karena massa jenisnya berkurang

d.      Material mantel Bumi di permukaan menghilang

 

C.     Kunci Jawaban

1. b, 2. c, 3. a, 4. d, 5. a.

 

D.     Pedoman Penskoran

Setiap jawaban benar mendapat skor 1

Skor maksimal 5


Lampiran 2: Instrumen Penilaian Sikap

A.     Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No

Nama Siswa

Sikap

Ket

Jujur

Tanggung Jwb

Disiplin

Relijius

1

2

3

1

2

3

1

2

3

1

2

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik penilaian Sikap

No

Aspek Yang Dinilai

Skor

Deskripsi

1

Jujur

3

Siswa bersikap jujur saat mengerjakan tugas kelompok

2

Siswa kurang bersikap jujur saat mengerjakan tugas kelompok

1

Siswa tidak jujur saat mengerjakan tugas kelompok

2

Tanggung Jawab

3

Siswa bertanggung jawab atas tugas yang diberikan

2

Siswa kurang bertanggung jawab atas tugas yang diberikan

1

Siswa tidak bertanggung jawab atas tugas yang diberikan

3

Disiplin

3

Siswa disiplin saat mengerjakan tugas

2

Siswa kurang disiplin saat mengerjakan tugas

1

Siswa tidak disiplin saat mengerjakan tugas

4

Relijius

3

Siswa bersikap relijius dengan berdoa di awal dan akhir pelajaran

2

Siswa kurang relijiusdengan berdoa di awal atau akhir pelajaran

1

Siswa tidak bersikap relijius saat tidak berdoa

 

Penskoran Aspek Sikap:

Nilai Sikap : Jumlah skor perolehan    X 100

                   Jumlah skor maksimum

Kategori :

86 - 100      : Sangat Baik (A)

71 - 85        : Baik (B)

55 – 70        : Cukup (C)

≤ 55             : Kurang (D)

  

B.     Penilaian Diri

Berilah tanda centang (√) pada kolom di bawah ini!

 

PERNYATAAN

1

2

3

4

Jumlah

Skor

Nilai

1

Saya selalu berdoa sebelum melakukan aktiftas.

 

 

 

 

 

 

2

Saya sholat lima waktu tepat waktu.

 

 

 

 

3

Saya berani mengakui kesalahan saya.

 

 

 

 

4

Saya menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu.

 

 

 

 

5

Saya berani menerima resiko atas tindakan yang saya lakukan.

 

 

 

 

6

Saya mengembalikan barang yang saya pinjam.

 

 

 

 

7

Saya meminta maaf jika melakukan kesalahan.

 

 

 

 

8

Saya datang sekolah tepat waktu.

 

 

 

 

9

Saya tidak berkata-kata kotor, kasar dan takabur

 

 

 

 

10

Saya meminta izin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain

 

 

 

 

JUMLAH

 

 

 

 

 

Pedoman Penskoran:

Skor 4  = Selalu

Skor 3  = Sering

Skor 2    = Kadang-kadang

Skor 1  = Tidak Pernah

 

Nilai  = Jumlah Skor Perolehan  X 100

             Jumlah Skor maksimal

Kategori :

86 - 100 : Sangat Baik (A)

71 - 85 : Baik (B)

55 – 70            : Cukup (C)

≤ 55     : Kurang (D)

 


C.  Penilaian Antar teman

Berilah tanda centang (√) pada kolom di bawah ini!

NO

PERNYATAAN

1

2

3

4

Jumlah

Skor

Nilai

1

Teman saya selalu berdoa sebelum melakukan aktifitas.

 

 

 

 

 

 

2

Teman saya sholat lima waktu tepat waktu.

 

 

 

 

 

 

3

Teman saya tidak menyontek dalam mengerjakan ujian / ulangan.

 

 

 

 

 

 

4

Teman saya menyelesaikan tugas tepat waktu.

 

 

 

 

 

 

5

Teman saya tidak menyalahkan orang lain untuk kesalahan karena tindakan dirinya sendiri

 

 

 

 

 

 

6

Teman saya melaporkan data atau informasi apa adanya.

 

 

 

 

 

 

7

Teman saya mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilkakukan

 

 

 

 

 

 

8

Teman saya datang sekolah tepat waktu.

 

 

 

 

 

 

9

Teman saya tidak berkata-kata kotor, kasar dan takabur

 

 

 

 

 

 

10

Teman saya meminta izin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain

 

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

 

 

 

 

 

Pedoman Penskoran:

Skor 4  = Selalu

Skor 3  = Sering

Skor 2    = Kadang-kadang

Skor 1  = Tidak Pernah

 

Nilai  = Jumlah Skor Perolehan  X 100

             Jumlah Skor maksimal

Kategori :

86 - 100 : Sangat Baik (A)

71 - 85 : Baik (B)

55 – 70            : Cukup (C)

≤ 55     : Kurang (D)

 

JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP

 

Nama Sekolah            : SMP Terpadu Al-Qudwah

Kelas/Semester           : IX/ Ganjil

Tahun pelajaran         : 2020/2021

Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Alam

No

Waktu

Nama Siswa

Catatan Prilaku

Butir Sikap

Ttd

Tindak Lanjut

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 3: Instrumen Penilaian Keterampilan

A.     Lembar Kerja Siswa

Petunjuk Pengerjaan

1.      Tulislah nama lengkap dan kelasmu

2.      Kerjakan dengan cara menyalin soal ini di buku tulismu kemudian dijawab

3.      Kerjakan dengan menggunakan ballpoint agar terlihat jelas dan rapi

4.      Dikumpulkan di elearning setelah jam IPA selesai

 

Nama: ………………

Kelas: ………………

 

Jawablah soal-soal dibawah ini berkaitan dengan demonstrasi yang dilakukan tadi

1.      Tuliskan hipotesis (pertanyaan) tentang video perkembangan permukaan bumi dari masa ke masa sesuai pemahamanmu! Minimal 2 buah pertanyaan.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2.      Jelaskan mengapa lempeng Bumi dapat bergerak! Tuliskan sumber jawabanmu!

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.      Mengapa kertas bergerak pada saat dimasukkan ke gelas kimia dengan air mendidih?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4.      Tuliskan kesimpulanmu tentang struktur litosfer dan teori tektonik lempeng!

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

B.     Rubrik Penilaian Keterampilan

No.

Kriteria

Skor

5

3

1

1.

Sesuai dengan format laporan sederhana yang diperintahkan

Ditulis di buku, nomor soal urut, menulis hipotesis sesuai

Ditulis di buku, nomor soal urut, hipotesis tidak sesuai

Ditulis di buku, nomor soal tidak urut, hipotesis tidak sesuai

2.

Kalimat

Terdapat unsur kalimat yang lengkap (SPO)

Unsur kalimat tidak lengkap

Kalimat berantakan

3.

Kesimpulan

Menyimpulkan isi materi litosfer dan teori tektoni lempeng

Menyimpulkan isi salah satu materi saja

Menyimpulkan hal yang lain

 

C.     Pedoman Penskoran

Skor maksimal: 15

 

 

0 komentar:

Posting Komentar