WHAT'S NEW?
Loading...

RPP SMA Biologi Reproduksi Sel Kelas 12

Pengguna HP silakan set tampilan dengan layar landscape

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri 6 Kota Ser

Mata Pelajaran                        : Biologi

Kelas/Semester                        : XII IPA/1

Materi Ajar/Topik                   : Pembelahan Sel

                        Alokasi Waktu                        : 6 x 45 menit             

I.                   Kompetensi Inti

KI 1 (Sikap Spiritual)

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 (Sikap Sosial)

Menghayati dan mengamalkan perilaku a. jujur,  b. disiplin,  c. santun,  d. peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  e. bertanggung jawab,         f. responsif, dan  g. pro-aktif,  dalam berinteraksi secara efektif  sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan  lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.

KI 3 (Pengetahuan)

Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora. Dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4 (Keterampilan)

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif. Dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.

 

II.                Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.

Kompetensi Dasar

No.

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3

Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.

Pertemuan 1

3.3.1

Siswa mampu mendefinisikan reproduksi sel

3.3.2

Siswa mampu menjelaskan siklus sel

3.3.3

Siswa mampu menjelaskan proses mitosis

Peretmuan 2

3.3.4

Siswa mampu menjelaskan proses meiosis

3.3.5

Siswa mampu menggambarkan proses mitosis dan meiosis sel

Pertemuan 3

3.3.6

Siswa mampu membedakan pembelahan mitosis dan meiosis

3.3.7

Siswa mampu menjelaskan proses gametogenesis pada hewan dan tumbuhan serta kaitannya dengan pewarisan sifat

4.3

Menyajikan diagram alur proses pembelahan meiosis pada tumbuhan

4.3.1

Membuat diagram alur proses gametogenesis pada tumbuhan berdasarkan literatur

 

III.             Tujuan Pembelajaran

Melalui metode diskusi kelompok, tanya-jawab, dan studi literatur peserta didik dapat berpikir kreatif, kritis, cermat, dan teliti dalam menjelaskan proses pembelahan mitosis, meiosis, dan gametogenesis serta kaitannya dengan pewarisan sifat juga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari berupa sikap ilmiah dan gotong royong dalam membuat diagram alur mengenai gametogenesis.

IV.             Materi ajar

1.      Siklus sel

2.      Amitosis

3.      Proses dan tahap-tahap mitosis

4.      Proses dan tahap-tahap meiosis

5.      Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis

No

Perbedaan

Mitosis

Meiosis

1.

Tipe sel terjainya pembelahan

Autosom (sel tubuh)

Gonosom (sel kelamin)

2.

Jumlah pembelahan

1 kali

2 kali

3.

Jumlah sel anak yang dihasilkan

2 sel

4 sel

4.

Sifat sel anakan

Identik dengan induk

Tidak identik dengan induk

5.

Sifat kromosom anak

Diploid (2n)

Haploid (n)

6.      Gametogenesis

V.                Metode Pembelajaran

Tanya-jawab, diskusi kelompok, dan ceramah.

VI.             Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 x 45 menit)

Sintaks

Kegiatan Pemebelajaran

Nilai-nilai Karakter

Alokasi Waktu

 

Kegiatan Awal

·         Pembukaan: membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa

·         Perkenalan

·         Melakukan presensi

·         Apersepsi: menanyakan mengenai pertumbuhan suatu organisme, ciri-ciri dari pertumbuhan, dan memberitahu pertumbuhan dimulai dari pertambahan jumlah sel.

 

Religius

 

Rasa ingin tahu

 

10 menit

 

Tanya-jawab

 

Diskusi

 

Kegiatan Inti

·   Guru bertanya apa yang dimaksud dengan reproduksi sel? Siswa diberi kesempatan untuk menjawab

·   Siswa diberikan gambar tentang siklus sel untuk kemudian mendiskusikannya

·   Siswa mendiskusikan mengenai jenis-jenis reproduksi sel secara umum

·   Siswa mendiskusikan tentang pembelahan amitosis kemudian guru memberi contoh proses amitosis dari Paramecium

·   Siswa diberikan gambar tahap-tahap pembelahan mitosis dan mendiskusikannya bersama guru serta memberi tahu ciri setiap tahap

 

Rasa ingin tahu, literasi, komunikatif

 

Kritis

Literasi

Komunikatif, bersahabat, gotong royong

 

Kritis

 

 

60 menit

 

Refleksi

 

 

 

Kegiatan Penutup

·         Siswa bersama guru menyimpulkan definisi reproduksi sel, siklus sel, dan proses amitosis sertamitosis

·         Guru memberitahu mengenai pertemuan berikutnya tentang meiosis

·         Siswa diorganisasi menjadi 6 kelompok secara acak untuk berdiskusi pada pertemuan berikutnya

·         Guru menutup pembelajaran dengan salam dan doa

 

Kreatif, rasa ingin tahu, mandiri

 

 

 

 

 

religius

 

 

10 menit

Petemuan 2 (2 x 45 menit)

Sintaks

Kegiatan Pemebelajaran

Nilai-nilai Karakter

Alokasi Waktu

 

Kegiatan Awal

·      Persiapan pembelajaran, memberi salam dan berdoa

·      Melakukan presensi

·      Tujuan pembelajaran dipaparkan

·      Apersepsi: siswa ditanya tentang definisi reproduksi sel, siklus sel, dan proses amitosis. Selain amitosis dan mitosis masih ada tipe pembelahan sel yaitu meiosis.

 

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

10 menit

 

Pengelompokkan siswa

 

Diskusi

 

 

Mengumpulkan data

Mengolah data

 

 

Mengkomunikasi

Kegiatan Inti

·      Siswa diorganisasi berdasarkan kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan sebelumnya.

·      Guru membagikan LKS yang berisi gambar mikroskopis proses meiosis pada setiap kelompok

·      Siswa mendiskusikan mengenai proses meiosis dan menggambarkan hasil diskusi mereka

 

·      Semua kelompok  mempresentasikan hasil secara kelas dipandu oleh guru

 

·      Siswa mengumpulkan laporan hasil diskusi

 

Disiplin

 

 

Jujur

 

 

Kritis, kreatif, rasa ingin tahu

 

 

Gotong royong, komunikatif, jujur

Disiplin

 

60 menit

 

Refleksi

 

 

 

Kegiatan Penutup

·     Siswa bersama guru menyimpulkan tahap-tahap meiosis

·     Penutupan

 

Kreatif, mandiri

 

10 menit

Pertemuan 3 (2 x 45 menit)

Sintaks

Kegiatan Pemebelajaran

Nilai-nilai Karakter

Alokasi Waktu

 

Kegiatan Awal

·  Persiapan pembelajran, memberi salam, dan berdoa

·  Melakukan presensi

·  Tujuan pembelajaran  dipaparkan

·  Siswa diingatkan kembali mengenai proses pembelahan secara umum baik mitosis dan meiosis

 

Religius

 

 

 

Rasa ingin tahu

 

10 menit

 

Tanya-jawab

 

Tanya-jawab

 

 

 

Memberi materi

Kegiatan Inti

·      Siswa diberi pertanyaan mengenai perbedaan meiosis dan mitosis yang telah dipelajari dipertemuan sebelumya

·      Siswa diberi pertanyaan mengenai kaitan pembelahan sel dengan pewarisan sifat, kemudian guru memberi penjelasan dan penguatan mengenai hal tersebut

·      Guru memberi contoh meiosis yang terjadi pada sel sperma dan ovum (gametogenesis pada hewan)

·      Siswa bersama guru mendiskusikan gametogenesis pada tumbuhan

 

Rasa ingin tahu

 

 

Literasi

 

 

 

Literasi

 

60 menit

 

 

 

 

Refleksi

 

 

Kegiatan Penutup

·   Siswa diberi tugas untuk membuat bagan alur proses gametogenesis pada tumbuhan

 

 

·   Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan mitosis dan meiosis, kaitannya dengan pewarisan sifat, dan gametogenesis

·   Penutupan

 

Literasi, kreatif, mandiri

 

Kreatif, mandiri

 

10 menit

 

VII.          Kelengkapan Pembelajaran

1.      Buku Biologi kelas XII, Oman Karmana, Grafindo

2.      Lembar kerja siswa

3.      Slide show presentasi reproduksi sel

4.      Gambar-gambar

VIII.       Penilaian

1.      Jenis Penilaian

·         Penilaian kognitif              : tes tertulis berupa soal uraian terstruktur

·         Penilaian hasil diskusi       : diagram gametogenesis tumbuhan

2.      Instrumen Penilaian

·         Instrumen penilaian kognitif tes tertulis (terlampir)

·         Instrumen penilaian diagram gametogenesis (terlampir)

 

Serang, 16 September 2017

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

Kepsek


Guru Mata Pelajaran Biologi

 


Guru

 LAMPIRAN

Lampiran 1

LEMBAR KERJA SISWA

MEIOSIS

Nama Kelompok

:

 

 

 

Nama Anggota

:

1

2

3

4

5

6

7.

8.

9.

Kelas

:

XII ..........

 

 

 

A.    Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah mengamati gambar melalui diskusi dan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan proses pembelahan meiosis dengan tepat

2.      Setelah melakukan diskusi siswa mampu menggambarkan siklus sel dan proses pembelahan sel

B.     Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat

1.      Berdasarkan gambar di bawah ini urutkanlah proses pembelahan meiosis dengan tepat! Kemudian jelaskan prosesnya!

Penjelasan




2.      Berikut ini adalah gambar sel yang sedang bereproduksi, deskripsikan keadaan pada lingkaran huruf A dan huruf B!

 

3.      Apakah yang dimaksud dengan

a.       Leptoten

b.      Zigoten

c.       Pakiten

d.      Diploten

e.       Diakinesis

4.      Buatlah kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah kelompokmu lakukan!

 

 

Lampiran 2

INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

 

1.      Petunjuk Umum

a)      Instrumen penilaian pengetahuan ini berbentuk soal uraian terstruktur, membuat gambar , mengisi tabel kosong, dan menjelaskan gambar.

b)      Soal ini dikerjakan oleh peserta didik.

2.      Kisi-kisi Soal

No

Indikator

Nomor Soal

Jumlah Soal

1.

Siswa mampu mendefinisikan reproduksi sel

1

1

2.

Siswa mampu menjelaskan siklus sel

2, 3,4

3

3.

Siswa mampu menjelaskan proses mitosis

5,6, 7, 8, 9, 10 ,11 , 12, 13, 14, 15, 16.

12

4.

Siswa mampu menjelaskan proses meiosis

5.

Siswa mampu menggambarkan proses mitosis dan meiosis sel

17

1

6.

Siswa mampu membedakan pembelahan mitosis dan meiosis

18

1

7.

Siswa mampu menjelaskan proses gametogenesis

19

 

 











3.      Soal, kunci jawaban, dan pedoman penskoran

A.    Uraian Terstruktur

Isilah kalimat di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

Soal

Kunci Jawaban

Kriteria nilai

Suatu pertumbuhan makhluk hidup ditandai dengan adanya pertambahan ukuran seperti panjang dan volume. Penambahan jumlah sel ini akibat adanya aktivitas sel berupa (1).................................. . Sebelum aktivitas tersebut terjadi, sel mengalami masa-masa persiapan yang disebut dengan (2) ................................. . Pada masa ini terdapat beberapa tahap di antaranya adalah tahap G1 atau pertumbuhan kemudian tahap (3) ............................... , dan tahap (4) .......................... . Setelah itu terjadilah fase pembelahan mitosis dan meiosis yang secara umum memiliki tahap sama. Tahap pertama yaitu (5) ....................................., pada tahap ini dicirikan dengan terjadinya penebalan dan pemendekan (6) .................................. menjadi kromosom. Kemudian mikrotubulus membentuk (7) ........................... sebagai jalur pembelahan. Tahap kedua  yaitu (8) ......................................, dicirikan dengan kromosom bersusun di bidang (9) .......................... . Tahap ketiga yaitu (10) .........................., yang dicirikan dengan kromatid berpasangan bergerak menuju  (11) ....................... berlawanan. Tahap terakhir yaitu (12) ....................., yang dicirikan dengan terjadinya (13) ................................. yaitu pelekukan membran sel ke dalam untuk membentuk sel baru. Pada meiosis profase dibagi menjadi beberapa tahap lagi yaitu Leptoten, (14) .................... (15) ........................., (16) ............................. dan Diakinesis.

1.      Reproduksi sel

2.      Interfase

3.      Tahap sintesis

4.      Tahap G 2

5.      Profase

6.      Benang kromatin

7.      Spindel

8.      Metafase

9.      Ekuator

10.  Anafase

11.  Kutub sel

12.  Telofase

13.  Sitokinesis

14.  Zigoten

15.  Pakiten

16.  Diploten

Setiap nomor berisi nilai 2 total skor 32.

 

B.     Membuat Gambar

17.  Gambarkanlah proses meiosis dan beri keterangan gambar!

Kriteria penilaian nomor 17

·         Kriteria: Menggambar seluruh proses, terdapat keterangannya, berurutan, dan sesuai dengan gambar yang seharusnya

·         Jika terdapat 4 keriteria mendapat nilai 24

·         Jika terdapat 3 kriteria mendapat nilai 18

·         Jika terdapat 2kriteria mendapat nilai 12

·         Jika terdapat 1 kriteria mendapat nilai 6

·         Jika tidak memenuhi kriteria mendapat nilai 0

C.    Isilah tabel berikut ini!

18.  Lengkapilah tabel perbedaan mitosis dan meiosis di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

 

No

Perbedaan

Mitosis

Meiosis

1.

Tipe sel terjainya pembelahan

Sel autosom

.....................

2.

Jumlah pembelahan

............. kali

............... kali

3.

Jumlah sel anak yang dihasilkan

.............. sel

................. sel

4.

Sifat sel anakan

.....................

....................

5.

Sifat kromosom anak

.......................

....................

            Jawaban nomor 18

No

Perbedaan

Mitosis

Meiosis

1.

Tipe sel terjainya pembelahan

Autosom (sel tubuh)

Gonosom (sel kelamin)

2.

Jumlah pembelahan

1 kali

2 kali

3.

Jumlah sel anak yang dihasilkan

2 sel

4 sel

4.

Sifat sel anakan

Identik dengan induk

Tidak identik dengan induk

5.

Sifat kromosom anak

Diploid (2n)

Haploid (n)

Kriteria penilaian nomor 18

Setiap jawaban berisi nilai 2 dengan bonus jawaban 2, sehingga total nilai 20.

D.    Jelaskan Gambar

Jelaskanlah proses gametogenesis berdasarkan gambar di bawah ini!

Gambar gametogenesis sel sperma

Kriteria penilaian

Nilai total 24.

·         Kriteria: mejelaskan seluruh proses, berurutan, menngunakan bahasa yang sederhana dan sesuai dengan penjelasan yang seharusnya

·         Jika terdapat 4 keriteria mendapat nilai 24

·         Jika terdapat 3 kriteria mendapat nilai 18

·         Jika terdapat 2kriteria mendapat nilai 12

·         Jika terdapat 1 kriteria mendapat nilai 6

·         Jika tidak memenuhi kriteria mendapat nilai 0

PEDOMAN PENILAIAN KOGNITIF KESELURUHAN

Skor akhir menggunakan skala 0 sampai 100

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

 

Nilai Akhir Kognitif = nilai soal A + nilai soal B + nilai soal C + nilai soal D

 

Lampiran 3

INSTRUMEN

PENILAIAN LAPORAN HASIL DISKUSI

Nama Kelompok

:

 

 

Nama Anggota

:

1

2

3

4

5

6

Kelas

:

XII ..........

 

 

Berilah centang (√) di bawah kata “Ya” bila aspek yang dinyatakan itu muncul dan benar, dan berilah centang di bawah kata “Tidak” bila aspek keterampilan itu muncul tetapi tidak benar atau aspek itu tidak muncul sama sekali. Kata “Ya” diberi skor 1 dan kata “Tidak” diberi skor 0

No

Kinerja yang dinilai

Dilakukan

Ya

Tidak

1.

Gambar sesuai

 

 

2.

Keterangan gambar ditulis dengan bahasa yang baik

 

 

3.

Laporan ditulis dengan rapi

 

 

4.

Dilengkapi dengan pernyataan dari literatur

 

 

5.

Membuat kesimpulan yang sesuai dengan materi pembelajaran

 

 

6.

Ketuntasan pembuatan gambar

 

 

7.

Mengumpulkan diagram tepat waktu

 

 

Jumlah

 

 

Nilai akhir laporan

 

Penskoran:

Jumlah skor maksimal             : 7

Nilai Akhir Laporan               :

LEMBAR PENGINPUTAN NILAI

No

Nama Siswa

Nilai

Nilai Akhir

Laporan 40%

Pengetahuan 60%

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 



0 komentar:

Posting Komentar