Pengguna HP silakan set tampilan dengan layar landscape
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
SMA Negeri 6 Kota Ser
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XII IPA/1
Materi Ajar/Topik :
Pembelahan Sel
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
I.
Kompetensi
Inti
KI 1 (Sikap Spiritual) |
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya |
KI 2 (Sikap Sosial) |
Menghayati dan mengamalkan perilaku a. jujur, b. disiplin, c. santun,
d. peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), e. bertanggung jawab, f. responsif, dan g. pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional. |
KI 3 (Pengetahuan) |
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora. Dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah. |
KI 4 (Keterampilan) |
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara: efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif. Dalam ranah konkret dan
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan. |
II.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. |
Kompetensi Dasar |
No. |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.3 |
Menjelaskan
keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan
sifat. |
Pertemuan 1 |
|
3.3.1 |
Siswa mampu mendefinisikan reproduksi sel |
||
3.3.2 |
Siswa mampu menjelaskan siklus sel |
||
3.3.3 |
Siswa mampu menjelaskan proses mitosis |
||
Peretmuan 2 |
|||
3.3.4 |
Siswa mampu menjelaskan proses meiosis |
||
3.3.5 |
Siswa mampu menggambarkan proses mitosis dan meiosis
sel |
||
Pertemuan 3 |
|||
3.3.6 |
Siswa mampu membedakan pembelahan mitosis dan meiosis |
||
3.3.7 |
Siswa mampu menjelaskan proses gametogenesis pada hewan
dan tumbuhan serta kaitannya dengan pewarisan sifat |
||
4.3 |
Menyajikan
diagram alur proses pembelahan meiosis pada tumbuhan |
4.3.1 |
Membuat diagram alur proses gametogenesis pada tumbuhan
berdasarkan literatur |
III.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui metode diskusi
kelompok, tanya-jawab, dan studi literatur peserta didik dapat berpikir
kreatif, kritis, cermat, dan teliti dalam menjelaskan proses pembelahan
mitosis, meiosis, dan gametogenesis serta kaitannya dengan pewarisan sifat juga
dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari berupa sikap ilmiah dan gotong
royong dalam membuat diagram alur mengenai gametogenesis.
IV.
Materi
ajar
1. Siklus sel
2. Amitosis
3. Proses dan tahap-tahap mitosis
4. Proses dan tahap-tahap meiosis
5. Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis
No |
Perbedaan |
Mitosis |
Meiosis |
1. |
Tipe sel terjainya pembelahan |
Autosom (sel tubuh) |
Gonosom (sel kelamin) |
2. |
Jumlah pembelahan |
1 kali |
2 kali |
3. |
Jumlah sel anak yang dihasilkan |
2 sel |
4 sel |
4. |
Sifat sel anakan |
Identik dengan induk |
Tidak identik dengan induk |
5. |
Sifat kromosom anak |
Diploid (2n) |
Haploid (n) |
6. Gametogenesis
V.
Metode
Pembelajaran
Tanya-jawab, diskusi kelompok, dan ceramah.
VI.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 45 menit)
Sintaks |
Kegiatan Pemebelajaran |
Nilai-nilai Karakter |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Awal ·
Pembukaan: membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa ·
Perkenalan ·
Melakukan presensi ·
Apersepsi: menanyakan mengenai
pertumbuhan suatu organisme, ciri-ciri dari pertumbuhan, dan memberitahu
pertumbuhan dimulai dari pertambahan jumlah sel. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Tanya-jawab Diskusi |
Kegiatan Inti ·
Guru bertanya apa yang dimaksud dengan reproduksi sel? Siswa diberi
kesempatan untuk menjawab ·
Siswa diberikan gambar tentang siklus sel untuk kemudian mendiskusikannya
·
Siswa mendiskusikan mengenai jenis-jenis reproduksi sel secara umum ·
Siswa mendiskusikan tentang pembelahan amitosis kemudian guru memberi
contoh proses amitosis dari Paramecium ·
Siswa diberikan gambar tahap-tahap pembelahan mitosis dan
mendiskusikannya bersama guru serta memberi tahu ciri setiap tahap |
Rasa ingin tahu, literasi, komunikatif Kritis Literasi Komunikatif, bersahabat, gotong royong Kritis |
60 menit |
Refleksi |
Kegiatan Penutup ·
Siswa bersama guru menyimpulkan definisi reproduksi sel, siklus sel, dan
proses amitosis sertamitosis ·
Guru memberitahu mengenai pertemuan berikutnya tentang meiosis ·
Siswa diorganisasi menjadi 6 kelompok secara acak untuk berdiskusi pada
pertemuan berikutnya ·
Guru menutup pembelajaran dengan salam dan doa |
Kreatif, rasa ingin tahu, mandiri religius |
10 menit |
Petemuan 2 (2 x 45 menit)
Sintaks |
Kegiatan Pemebelajaran |
Nilai-nilai Karakter |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Awal ·
Persiapan pembelajaran, memberi salam dan berdoa ·
Melakukan presensi ·
Tujuan pembelajaran dipaparkan ·
Apersepsi: siswa ditanya tentang
definisi reproduksi sel, siklus sel, dan proses amitosis. Selain amitosis dan
mitosis masih ada tipe pembelahan sel yaitu meiosis. |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Pengelompokkan
siswa Diskusi Mengumpulkan data Mengolah data Mengkomunikasi |
Kegiatan Inti ·
Siswa diorganisasi berdasarkan kelompok yang telah dibentuk pada
pertemuan sebelumnya. ·
Guru membagikan LKS yang berisi gambar mikroskopis proses meiosis pada
setiap kelompok ·
Siswa mendiskusikan mengenai proses meiosis dan menggambarkan hasil
diskusi mereka ·
Semua kelompok mempresentasikan
hasil secara kelas dipandu oleh guru ·
Siswa mengumpulkan laporan hasil diskusi |
Disiplin Jujur Kritis, kreatif, rasa ingin tahu Gotong royong, komunikatif, jujur Disiplin |
60 menit |
Refleksi |
Kegiatan Penutup ·
Siswa bersama guru menyimpulkan tahap-tahap meiosis ·
Penutupan |
Kreatif, mandiri |
10 menit |
Pertemuan 3 (2 x 45 menit)
Sintaks |
Kegiatan Pemebelajaran |
Nilai-nilai Karakter |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Awal ·
Persiapan pembelajran, memberi salam, dan berdoa ·
Melakukan presensi ·
Tujuan pembelajaran dipaparkan ·
Siswa diingatkan kembali mengenai proses pembelahan secara umum baik
mitosis dan meiosis |
Religius Rasa ingin tahu |
10 menit |
Tanya-jawab Tanya-jawab Memberi materi |
Kegiatan Inti ·
Siswa diberi pertanyaan mengenai perbedaan meiosis dan mitosis yang telah
dipelajari dipertemuan sebelumya ·
Siswa diberi pertanyaan mengenai kaitan pembelahan sel dengan pewarisan
sifat, kemudian guru memberi penjelasan dan penguatan mengenai hal tersebut ·
Guru memberi contoh meiosis yang terjadi pada sel sperma dan ovum
(gametogenesis pada hewan) ·
Siswa bersama guru mendiskusikan gametogenesis pada tumbuhan |
Rasa ingin tahu Literasi Literasi |
60 menit |
Refleksi |
Kegiatan Penutup ·
Siswa diberi tugas untuk membuat bagan alur proses gametogenesis pada
tumbuhan · Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan mitosis dan
meiosis, kaitannya dengan pewarisan sifat, dan gametogenesis · Penutupan |
Literasi, kreatif, mandiri Kreatif, mandiri |
10 menit |
VII.
Kelengkapan
Pembelajaran
1. Buku Biologi kelas XII, Oman Karmana, Grafindo
2. Lembar kerja siswa
3. Slide show
presentasi reproduksi sel
4. Gambar-gambar
VIII.
Penilaian
1. Jenis Penilaian
·
Penilaian
kognitif : tes tertulis
berupa soal uraian terstruktur
·
Penilaian
hasil diskusi : diagram
gametogenesis tumbuhan
2. Instrumen Penilaian
·
Instrumen
penilaian kognitif tes tertulis (terlampir)
·
Instrumen penilaian diagram gametogenesis (terlampir)
Serang, 16 September 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Kepsek |
Guru Mata Pelajaran Biologi Guru |
Lampiran
1
LEMBAR KERJA SISWA
MEIOSIS
Nama Kelompok |
: |
|
|
|
Nama Anggota |
: |
1 2 3 |
4 5 6 |
7. 8. 9. |
Kelas |
: |
XII .......... |
|
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah mengamati gambar melalui diskusi dan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan proses pembelahan meiosis dengan tepat
2. Setelah melakukan diskusi siswa mampu menggambarkan siklus sel dan proses pembelahan sel
B.
Jawablah pertanyaan
di bawah ini dengan tepat
1. Berdasarkan gambar di bawah ini urutkanlah proses
pembelahan meiosis dengan tepat! Kemudian jelaskan prosesnya!
2.
Berikut
ini adalah gambar sel yang sedang bereproduksi, deskripsikan keadaan pada
lingkaran huruf A dan huruf B!
3. Apakah yang dimaksud dengan
a. Leptoten
b. Zigoten
c. Pakiten
d. Diploten
e. Diakinesis
4.
Buatlah
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi
yang telah kelompokmu lakukan!
Lampiran
2
INSTRUMEN
PENILAIAN PENGETAHUAN
1.
Petunjuk
Umum
a) Instrumen penilaian pengetahuan ini berbentuk soal uraian
terstruktur, membuat gambar , mengisi tabel kosong, dan menjelaskan gambar.
b)
Soal
ini dikerjakan oleh peserta didik.
2.
Kisi-kisi
Soal
No |
Indikator |
Nomor Soal |
Jumlah Soal |
1. |
Siswa mampu mendefinisikan reproduksi sel |
1 |
1 |
2. |
Siswa mampu menjelaskan siklus sel |
2, 3,4 |
3 |
3. |
Siswa mampu menjelaskan proses mitosis |
5,6, 7, 8, 9, 10 ,11 , 12, 13, 14, 15, 16. |
12 |
4. |
Siswa mampu menjelaskan proses meiosis |
||
5. |
Siswa mampu menggambarkan proses mitosis dan meiosis
sel |
17 |
1 |
6. |
Siswa mampu membedakan pembelahan mitosis dan meiosis |
18 |
1 |
7. |
Siswa mampu menjelaskan proses gametogenesis |
19 |
|
3. Soal, kunci jawaban, dan pedoman penskoran
A.
Uraian
Terstruktur
Isilah
kalimat di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
Soal |
Kunci Jawaban |
Kriteria nilai |
Suatu pertumbuhan makhluk
hidup ditandai dengan adanya pertambahan ukuran seperti panjang dan volume.
Penambahan jumlah sel ini akibat adanya aktivitas sel berupa
(1).................................. . Sebelum aktivitas tersebut terjadi,
sel mengalami masa-masa persiapan yang disebut dengan (2)
................................. . Pada masa ini terdapat beberapa tahap di
antaranya adalah tahap G1 atau pertumbuhan kemudian tahap (3)
............................... , dan tahap (4) .......................... . Setelah
itu terjadilah fase pembelahan mitosis dan meiosis yang secara umum memiliki
tahap sama. Tahap pertama yaitu (5) .....................................,
pada tahap ini dicirikan dengan terjadinya penebalan dan pemendekan (6)
.................................. menjadi kromosom. Kemudian mikrotubulus
membentuk (7) ........................... sebagai jalur pembelahan. Tahap
kedua yaitu (8)
......................................, dicirikan dengan kromosom bersusun di
bidang (9) .......................... . Tahap ketiga yaitu (10)
.........................., yang dicirikan dengan kromatid berpasangan
bergerak menuju (11)
....................... berlawanan. Tahap terakhir yaitu (12)
....................., yang dicirikan dengan terjadinya (13)
................................. yaitu pelekukan membran sel ke dalam untuk
membentuk sel baru. Pada meiosis profase dibagi menjadi beberapa tahap lagi
yaitu Leptoten, (14) .................... (15) .........................,
(16) ............................. dan Diakinesis. |
1.
Reproduksi sel 2.
Interfase 3.
Tahap sintesis 4.
Tahap G 2 5.
Profase 6.
Benang kromatin 7.
Spindel 8.
Metafase 9.
Ekuator 10. Anafase 11. Kutub sel 12. Telofase 13. Sitokinesis 14. Zigoten 15. Pakiten 16. Diploten |
Setiap nomor berisi nilai 2 total skor 32. |
B.
Membuat
Gambar
17. Gambarkanlah proses meiosis dan beri keterangan gambar!
Kriteria penilaian nomor 17
·
Kriteria:
Menggambar seluruh proses, terdapat keterangannya, berurutan, dan sesuai dengan
gambar yang seharusnya
·
Jika
terdapat 4 keriteria mendapat nilai 24
·
Jika
terdapat 3 kriteria mendapat nilai 18
·
Jika
terdapat 2kriteria mendapat nilai 12
·
Jika
terdapat 1 kriteria mendapat nilai 6
·
Jika
tidak memenuhi kriteria mendapat nilai 0
C.
Isilah
tabel berikut ini!
18. Lengkapilah tabel perbedaan mitosis dan meiosis di bawah
ini dengan jawaban yang tepat!
No |
Perbedaan |
Mitosis |
Meiosis |
1. |
Tipe sel terjainya pembelahan |
Sel autosom |
..................... |
2. |
Jumlah pembelahan |
............. kali |
............... kali |
3. |
Jumlah sel anak yang dihasilkan |
.............. sel |
................. sel |
4. |
Sifat sel anakan |
..................... |
.................... |
5. |
Sifat kromosom anak |
....................... |
.................... |
Jawaban nomor 18
No |
Perbedaan |
Mitosis |
Meiosis |
1. |
Tipe sel terjainya pembelahan |
Autosom (sel tubuh) |
Gonosom (sel kelamin) |
2. |
Jumlah pembelahan |
1 kali |
2 kali |
3. |
Jumlah sel anak yang dihasilkan |
2 sel |
4 sel |
4. |
Sifat sel anakan |
Identik dengan induk |
Tidak identik dengan induk |
5. |
Sifat kromosom anak |
Diploid (2n) |
Haploid (n) |
Kriteria penilaian nomor 18
Setiap jawaban berisi nilai 2 dengan bonus jawaban 2, sehingga total nilai
20.
D.
Jelaskan
Gambar
Jelaskanlah proses gametogenesis berdasarkan gambar di
bawah ini!
Gambar
gametogenesis sel sperma |
Kriteria penilaian
Nilai total 24.
·
Kriteria:
mejelaskan seluruh proses, berurutan, menngunakan bahasa yang sederhana dan
sesuai dengan penjelasan yang seharusnya
·
Jika
terdapat 4 keriteria mendapat nilai 24
·
Jika
terdapat 3 kriteria mendapat nilai 18
·
Jika
terdapat 2kriteria mendapat nilai 12
·
Jika
terdapat 1 kriteria mendapat nilai 6
·
Jika
tidak memenuhi kriteria mendapat nilai 0
PEDOMAN PENILAIAN
KOGNITIF KESELURUHAN
Skor
akhir menggunakan skala 0
sampai 100
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Nilai Akhir Kognitif = nilai soal A + nilai soal B +
nilai soal C + nilai soal D |
Lampiran 3
INSTRUMEN
PENILAIAN LAPORAN HASIL DISKUSI
Nama Kelompok |
: |
|
|
Nama Anggota |
: |
1 2 3 |
4 5 6 |
Kelas |
: |
XII .......... |
|
Berilah centang (√) di bawah kata “Ya” bila aspek yang
dinyatakan itu muncul dan benar, dan berilah centang di bawah kata “Tidak” bila
aspek keterampilan itu muncul tetapi tidak benar atau aspek itu tidak muncul
sama sekali. Kata “Ya” diberi skor 1 dan kata “Tidak” diberi skor
0
No |
Kinerja
yang dinilai |
Dilakukan |
|
Ya |
Tidak |
||
1. |
Gambar
sesuai |
|
|
2. |
Keterangan
gambar ditulis dengan bahasa yang baik |
|
|
3. |
Laporan
ditulis dengan rapi |
|
|
4. |
Dilengkapi dengan pernyataan
dari literatur |
|
|
5. |
Membuat kesimpulan yang
sesuai dengan materi pembelajaran |
|
|
6. |
Ketuntasan pembuatan
gambar |
|
|
7. |
Mengumpulkan
diagram
tepat waktu |
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Nilai
akhir laporan |
|
Penskoran:
Jumlah skor maksimal :
7
Nilai Akhir Laporan :
LEMBAR
PENGINPUTAN NILAI
No |
Nama Siswa |
Nilai |
Nilai Akhir |
|
Laporan 40% |
Pengetahuan 60% |
|||
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar