WHAT'S NEW?
Loading...

RPP SMP IPA Ekosistem Kelas 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      : SMPT Al-Qudwah

Mata Pelajaran            : IPA/Biologi

Kelas/Semester            : 7/II

Materi Ajar/Topik       : Ekosistem/Interaksi Makhluk Hidup

                        Alokasi Waktu            : 3 x 40 menit             

 

I.                   Kompetensi Inti

KI 3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenda dan kejadian tampak mata.

KI 4

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, meggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut oandang/teori.

 

II.                Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.

Kompetensi Dasar

No.

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.7

Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut.

Pertemuan 1

3.7.1

Menjelaskan konsep ekosistem dan tingkatan organisasi kehidupan

Pertemuan 2

3.7.2

Melakukan pengamatan lingkungan dan mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik

Pertemuan 3

3.7.3

Menjelaskan pola-pola interaksi

Pertemuan 4

3.7.4

Menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan antar makhluk hidup

3.7.5

Menyebutkan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan, rantai makanan detritus dengan rantai makanan perumput

4.7

Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya

Pertemuan 5

4.7.1

Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui kegiatan presentasi hasil eksplorasi

 

III.             Tujuan Pembelajaran

No.

Tujuan Pembelajaran

3.7.1.1

Melalui observasi kecil, peserta didik dapat Menjelaskan konsep ekosistem dan tingkatan organisasi kehidupan dengan benar

3.7.2.1

Melalui observasi kecil di lingkungan sekolah, peserta didik dapat mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik dengan tepat

3.7.3.1

Melalui studi pustaka dan diskusi kelompok, peserta didik dapat menjabarkan pola-pola interaksi antar makhluk hidup dengan tepat

3.7.4.1

Melalui studi pustaka, peserta didik dapat menjelaskan konsep saling ketergantungan makhluk hidup dengan tepat

3.7.5.1

Melalui studi pustaka dan diskusi kelompok, peserta didik dapat menyebutkan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan, rantai makanan detritus dengan rantai makanan perumput dengan tepat

4.7.1.1

Melalui kegiatan presentasi hasil eksplorasi, peserta didik dapat memiliki keterampilan berbicara di depan kelas dengan lancar

 

IV.             Materi ajar

1.      Organisasi kehidupan

2.      Pengertian ekosistem: hubungan timbal balik antara biotik dan abiotik.

3.      Komponen ekosistem: biotik dan abiotik

4.      Jenis organisme: autotrof dan heterotrof serta herbivora, karnivora, dan omnivora

5.      Pola-pola interaksi antar makhluk hidup: antara spesies sejenis (intraspesifik) dan spesies berbeda (interspesifik)

6.      Rantai makanan dan jaring-jaring makanan

7.      Aliran energi

 

V.                Metode Pembelajaran

1.      Pertemuan 1: Observasi kecil

2.      Pertemuan 2:  Observasi kecil

3.      Pertemuan 3: Studi pustaka dan diskusi kelompok

4.      Pertemuan 4: Studi pustaka dan diskusi kelompok

5.      Pertemuan 5: Presentasi hasil eksplorasi

 

VI.             Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 3 (2 x 40 menit)

Sintaks

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

 

 

 

 

Apersepsi

Kegiatan Awal

·         Pembukaan: membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa

·         Melakukan presensi

·         Mengingat kembali pelajaran yang lalu: ekosistem, komponen biotik dan abiotik, jenis-jenis ekosistem.

·         Menanyakan: apa yang didapatkan manusia dengan memelihara hewan ternak? Apa yang didapatkan hewan ternak karena dipelihara manusia?

·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

10 menit

 

 

 

Studi pustaka

 

Diskusi

 

 

 

Evaluasi

Kegiatan Inti

·      Peserta didik berkumpul bersama kelompok yang telah dibentuk sebelumnya

·      Kelompok diberi sumber bacaan dan LKS

·      Kelompok berdiskusi dan mengerjakan LKS berdasarkan sumber bacaan yang diberikan

·      Peserta didik diperkenankan untuk bertanya saat berdiskusi kelompok

·      Peserta didik mengumpulkan LKS yang telah dikerjakan

·      Peserta didik mengerjakan soal post test

 

60 menit

 

Refleksi

 

 

 

Kegiatan Penutup

·      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pola-pola interaksi yang ada antar makhluk hidup

·      Guru memberitahu mengenai pertemuan berikutnya tentang rantai makanan

·      Guru menutup pembelajaran dengan salam dan doa

 

20 menit

 

VII.          Kelengkapan Pembelajaran

1.      Buku IPA kelas VII

2.      Lembar kerja siswa

3.      Gambar-gambar

 

VIII.       Penilaian

1.      Jenis Penilaian

·         Penilaian kognitif pertemuan 3: Post test tertulis berupa soal pilihan ganda

 

Lebak, 17 Mei 2020

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

Kepala Sekolah

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Guru

 

 

 

Lampiran 1

SUMBER STUDI PUSTAKA

 

POLA INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP

 

1.      Interaksi Antar Spesies Sejenis

Hubungan antara organisme yang sama spesiesnya dalam satu atau beberapa populasi. Contoh dari interaksi spesies sejenis adalah:

a.       Perkawinan

b.      Pola asuh anak

c.       Kompetisi dalam 1 populasi: Intraspesifik

·         Mencari makanan yang sama

·         Menarik pasangan

·         Mempertahankan daerah kekuasaan

 

2.      Interaksi Antar Spesies Berbeda (Interspesifik)

a.       Kompetisi dengan spesies berbeda: Interspesifik

·         Mencari makanan

·         Mempertahankan daerah kekuasaan

b.      Simbiosis: hubungan antara 2 makhluk hidup yang saling ketergantungan/erat dan spesifik. Ada 3 jenis simbiosis:

No

Jenis

Pengertian

Simbol

I

II

1

Mutualisme

Hubungan antar 2 mahkluk hidup yang saling menuntungkan satu sama lain.

+

+

2

Komensalisme

Hubungan antar 2 mahkluk hidup yang satu diundungkan dan yang lainnya tidak untung dan rugi.

+

0

3

Parasitisme

Hubungan antar 2 mahkluk hidup yang satu diuntungkan dan yang lainnya dirugikan.

+

-

c.       Predasi: interaksi antara spesies pemangsa (predator) dengan yang dimangsa

 

 

Lampiran 2

LEMBAR KEGIATAN SISWA

 

Nomor Kelompok

:

 

Nama Anggota

:

1

4

 

 

2

5

 

 

3

6

 

A.    Tujuan Pembelajaran

1.      Melalui studi pustaka dan diskusi kelompok, peserta didik dapat menjabarkan pola-pola interaksi antar makhluk hidup dengan tepat

B.     Cara Kerja

1.      Isilah tabel di bawah ini dengan lengkap

2.      Jawaban didasarkan atas sumber studi pustaka yang telah diberikan

C.    Tabel Contoh Interaksi Antar Makhluk Hidup

No

Jenis Interaksi

Contoh M.H.

Penjelasan

Individu I

Individu II

1

Kompetisi Interspesifik

 

 

 

2

Simbiosis Mutualisme

 

 

 

3

Simbiosis Komensalisme

 

 

 

4

Simbiosis Parasitisme

 

 

 

5

Predasi

 

 

 

6

Kompetisi Intraspesifik

 

 

 

D.    Jelaskan Gambar

gambar ekosistem hutan

Sebutkan interaksi antar makhluk hidup apa saja yang terjadi pada gambar di atas!


Lampiran 3

SOAL POST TEST

Berilah Tanda Silang (x) pada Jawaban yang Kamu Anggap Benar!


1.      Perhatikan gambat berikut ini!







Interaksi yang terjadi antara makhluk hidup seperti pada gambar adalah...

A.    Simbiosis parasitisme

B.     Simbiosis komensalisme

C.     Simbiosis mutualisme

D.    Simbiosis intraspesifik

2.      Interaksi yang terjadi antara hewan kutu dan kerbau termasuk simbiosis parasitisme karena...

A.    Kerbau mendapat keuntungan, sedangkan kutu tidak

B.     Kedua organisme saling menguntungkan

C.     Kedua organisme saling dirugikan

D.    Kutu mendapat keuntungan sedangkan kerbau dirugikan

3.      Interaksi antara tanaman jagung dengan rumput liar dalam memperebutkan zat hara pada suatu lahan pertanian termasuk...

A.    Simbiosis parasitisme

B.     Simbiosis komensalisme

C.     Simbiosis mutualisme

D.    Kompetisi interspesifik

4.      Hubungan antara dua organisme berikut ini yang tidak tergolong predasi adalah...

A.    Benalu dengan pohon jambu

B.     Rusa dengan rumput

C.     Katak dengan jangkrik

D.    Ikan kecil dengan ikan besar

5.      Perhatikan jenis-jenis interaksi antar spesies berikut ini:

I.       Predasi

II.    Parasitisme

III. Komensalisme

IV. Mutualisme

V.    Netral

Bersasarkan jenis interaksi yang hanya menguntungkan salah satu organisme saja adalah

A.    I, II, IV

B.     I, III, V

C.     I, II, III

D.    II, III, V


 

Kunci Jawaban

1.      C

2.      D

3.      D

4.      A

5.      C

 

 

Cara Menilai

Jumlah skor maksimal             : 5

Nilai Akhir Laporan              

 


3 komentar: Leave Your Comments

  1. mohon ijin kak untuk saya download boleh ya
    tolong bantu link nya untuk mendownload kak

    BalasHapus
  2. mohon izin kak untuk saya copy

    BalasHapus