Semoga membantu.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S.Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Genap 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Organisasi Kehidupan/Sel |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (pertemuan 1) |
A. Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa
mampu menyebutkan urutan organisasi kehidupan dengan tepat melalui studi
literatur dan diskusi kelompok 2.
Siswa
mampu menejelaskan fungsi organela sel dengan tepat melalui studi literatur
dan diskusi kelompok 3.
Siswa mampu
membedakan sel hewan dan sel tumbuhan dengan benar melalui studi literatur
dan diskusi kelompok |
B. Kegiatan
Pembelajaran |
Pendahuluan 1. Apersepsi (salam, berdoa, alpha zones, akhlak first) 2. Scene setting memperlihatkan video “penyusun tubuh
suatu makhluk hidup” |
Kegiatan
Inti 1. Siswa menyimak pemaparan guru sekilas tentang
organisasi kehidupan 2. Siswa mengerjakan LKS secara diskusi kelompok 3. Siswa memaparkan hasil diskusi kelompok di depan
kelas |
Penutup 1.
Guru
dan siswa melakukan refleksi materi ini 2.
Guru
memberikan tugas merangkum materi jaringan tumbuhan dan hewan sebagai
persiapan praktikum 3.
Memberitahu
proyek pembuatan model sel berkelompok yang dikumpulkan saat penilaian harian
bab 6 |
C. Penilaian |
|||
Pengetahuan |
|||
1.
Menyebutkan
urutan organisasi kehidupan 2.
Menjelaskan
fungsi organela sel 3.
Membedakan
sel hewan dan sel tumbuhan |
Tes tertulis |
||
Keterampilan (Diskusi dan
Presentasi) |
|||
Kriteria |
5 |
3 |
1 |
Menggunakan
sumber literatur |
Menggunakan
lebih dari 2 buku sebagai sumber literatur |
Menggunakan 1
buku sebagai sumber literatur |
Tidak
menggunakan 1 buku sebagai sumber literatur |
Menuliskan
hasil diskusi pada LKS |
Menuliskan
hasil secara jelas dan menjawab pertanyaan |
Menuliskan
hasil secara tidak jelas dan menjawab pertanyaan |
Menuliskan
hasil secara tidak jelas dan tidak menjawab pertanyaan |
Bahasa saat
presntasi baku dan jelas |
Menggunakan
bahasa yang baku dan jelas |
Hanya salah
satu (baku/jelas saja) |
Tidak keduanya
(tidak baku dan tidak jelas) |
Memberi
tanggapan atau jawaban |
Memberi
tanggapan dan jawaban saat presentasi |
Memberi
tanggapan/jawaban saat presentasi |
Tidak keduanya |
Rangkasbitung,
Juli 2020
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah
Siti Maryam, SP |
Guru Mata Pelajaran IPA
Rasyid Ridho, S.Pd |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S.Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Genap 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Organisasi
Kehidupan/Jaringan Tumbuhan |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (pertemuan 2) |
A. Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa
mampu menjelaskan struktur jaringan tumbuhan dengan tepat melalui praktikum
laboratorium 2.
Siswa
mampu menjelaskan strukur jaringan hewan dengan tepat melalui praktikum
laboratorium 3.
Siswa
mampu membuat laporan hasil praktikum dengan benar |
B. Kegiatan
Pembelajaran |
Pendahuluan 1.
Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zones, akhlak first) 2.
Scene
setting memperlihatkan gambar penampang melintang batang |
Kegiatan
Inti 1. Siswa melakukan praktikum untuk mengamati struktur
jaringan tumbuhan dan hewan 2. Siswa mencatat hasil praktikum melalui LKS 3. Siswa membuat laporan hasil praktikum melalui LKS |
Penutup 1.
Guru
dan siswa melakukan refleksi materi ini 2. Mengingatkan
proyek pembuatan model sel berkelompok yang dikumpulkan saat penilaian harian
bab 6 3.
Menyampaikan
Q.S An-Naba: 14 – 16 |
C. Penilaian |
|||
Pengetahuan |
|||
1.
Menjelaskan
strukur jaringan tumbuhan 2.
Menjelaskan
strukur jaringan hewan |
Tes tertulis |
||
Keterampilan (Praktikum) |
|||
Kriteria |
5 |
3 |
1 |
Persiapan |
Mengeluarkan mikroskop
dilakukan dengan aman, ditegakkan, dijauhkan dari benda lain |
Mengeluarkan
mikroskop dilakukan dengan aman, ditegakkan, benda lain masih ada di sekitar
meja |
Tidak dilakukan
dengan aman, tidak ditegakkan, benda lain masih ada di sekitar meja |
Mengatur
mikrometer dan makrometer |
Mengatur
makrometer dahulu baru memutar mikrometer |
Langsung
memutar micrometer |
Tidak tahu
caranya |
Menemukan dan
menggambar objek yang diamati |
Dapat
menemukan objek sendiri, menggambar hasil |
Dapat
menemukan objek dengan bantuan dan menggambar hasil |
Tidak keduanya |
Pengembalian
peralatan |
Membersihkan
alat, meja, dan mengembalikan alat ke tempat semula dengan cekatan |
Membersihkan
alat, meja, dan mengembalikan alat ke tempat semula tidak cekatan |
Tidak
dilakukan |
Rangkasbitung,
Juli 2020
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah
Siti Maryam, SP |
Guru Mata Pelajaran IPA
Rasyid Ridho, S.Pd |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S.Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Genap 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Organisasi
Kehidupan/Jaringan Hewan |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (pertemuan 3) |
A. Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa
mampu menjelaskan strukur jaringan hewan dengan tepat melalui diskusi
kelompok |
B. Kegiatan
Pembelajaran |
Pendahuluan 1.
Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zones, akhlak first) 2.
Scene
setting memperlihatkan gambar jaringan otot dan lemak |
Kegiatan
Inti 1. Siswa menymak pemaparan guru mengenai jarinagn hewan 2. Siswa mengerjakan LKS berkelompok 3. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi |
Penutup 1. Guru dan siswa melakukan refleksi materi ini 2. Mengingatkan
proyek pembuatan model sel berkelompok yang dikumpulkan saat penilaian harian
bab 6 3.
Menyampaikan
Q.S Al Insaan: 28 |
C. Penilaian |
|
Pengetahuan |
|
1.
Menjelaskan
strukur jaringan tumbuhan 2.
Menjelaskan
strukur jaringan hewan |
Tes tertulis |
Rangkasbitung,
Juli 2020
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah
Siti Maryam, SP |
Guru Mata Pelajaran IPA
Rasyid Ridho, S.Pd |
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S.Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Genap 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Organisasi Kehidupan/Organ
dan Sistem Organ Tumbuhan |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (pertemuan 4) |
A. Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa
mampu menjelaskan organ-organ penyusun tumbuhan dengan tepat melalui diskusi
kelompok 2.
Siswa
mampu memberi contoh sistem organ yang penyusun tumbuhan melalui diskusi
kelompok |
B. Kegiatan
Pembelajaran |
Pendahuluan 1.
Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zones, akhlak first) 2.
Scene
setting menunjukkan “organ-organ yang menyusun manusia” |
Kegiatan
Inti 1. Siswa menyimak pemaparan guru sekilas tentang organ-organ
penyusun organisme 2. Siswa mengerjakan LKS secara diskusi kelompok 3. Siswa memaparkan hasil diskusi kelompok di depan
kelas |
Penutup 1.
Guru
dan siswa melakukan refleksi materi ini 2. Mengingatkan
proyek pembuatan model sel berkelompok yang dikumpulkan saat penilaian harian
bab 6 3.
Menyampaikan
Q.S Al-Mu’minun: 19 – 20 |
C. Penilaian |
|||
Pengetahuan |
|||
1.
Menjelaskan
organ-organ penyusun tumbuhan 2.
Memberi
contoh sistem organ yang penyusun tumbuhan |
Tes tertulis |
||
Keterampilan (Diskusi dan
Presentasi) |
|||
Kriteria |
5 |
3 |
1 |
Menggunakan
sumber literatur |
Menggunakan
lebih dari 2 buku sebagai sumber literatur |
Menggunakan 1
buku sebagai sumber literatur |
Tidak
menggunakan 1 buku sebagai sumber literatur |
Menuliskan
hasil diskusi pada LKS |
Menuliskan
hasil secara jelas dan menjawab pertanyaan |
Menuliskan
hasil secara tidak jelas dan menjawab pertanyaan |
Menuliskan
hasil secara tidak jelas dan tidak menjawab pertanyaan |
Bahasa saat
presntasi baku dan jelas |
Menggunakan
bahasa yang baku dan jelas |
Hanya salah
satu (baku/jelas saja) |
Tidak keduanya
(tidak baku dan tidak jelas) |
Memberi
tanggapan atau jawaban |
Memberi
tanggapan dan jawaban saat presentasi |
Memberi
tanggapan/jawaban saat presentasi |
Tidak keduanya |
Rangkasbitung,
Juli 2020
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah
Siti Maryam, SP |
Guru Mata Pelajaran IPA
Rasyid Ridho, S.Pd |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S.Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Genap 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Organisasi Kehidupan/Organ
dan Sistem Organ Tumbuhan |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (pertemuan 5) |
A. Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa
mampu menjelaskan organ-organ penyusun hewan dengan tepat melalui diskusi
kelompok 2.
Siswa
mampu memberi contoh sistem organ yang penyusun hewan melalui diskusi
kelompok |
B. Kegiatan
Pembelajaran |
Pendahuluan 1.
Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zones, akhlak first) 2.
Scene
setting menunjukkan “organ-organ yang menyusun manusia” |
Kegiatan
Inti 1. Siswa menyimak pemaparan guru sekilas tentang
organ-organ penyusun organisme 2. Siswa mengerjakan LKS secara diskusi kelompok 3. Siswa memaparkan hasil diskusi kelompok di depan
kelas |
Penutup 1.
Guru
dan siswa melakukan refleksi materi ini 2. Mengingatkan
proyek pembuatan model sel berkelompok yang dikumpulkan saat penilaian harian
bab 6 3.
Menyampaikan
Q.S Al Infitar: 7 – 8 |
C. Penilaian |
|||
Pengetahuan |
|||
1.
Menjelaskan
organ-organ penyusun tumbuhan 2.
Menjelaskan
organ-organ penyusun hewan 3.
Memberi
contoh sistem organ yang penyusun tumbuhan dan hewan |
Tes tertulis |
||
Keterampilan (Diskusi dan
Presentasi) |
|||
Kriteria |
5 |
3 |
1 |
Menggunakan
sumber literature |
Menggunakan
lebih dari 2 buku sebagai sumber literatur |
Menggunakan 1
buku sebagai sumber literatur |
Tidak
menggunakan 1 buku sebagai sumber literatur |
Menuliskan
hasil diskusi pada LKS |
Menuliskan
hasil secara jelas dan menjawab pertanyaan |
Menuliskan
hasil secara tidak jelas dan menjawab pertanyaan |
Menuliskan hasil
secara tidak jelas dan tidak menjawab pertanyaan |
Bahasa saat
presntasi baku dan jelas |
Menggunakan
bahasa yang baku dan jelas |
Hanya salah
satu (baku/jelas saja) |
Tidak keduanya
(tidak baku dan tidak jelas) |
Memberi
tanggapan atau jawaban |
Memberi tanggapan
dan jawaban saat presentasi |
Memberi
tanggapan/jawaban saat presentasi |
Tidak keduanya |
Keterampilan (Proyek
Karya) |
|||
Kriteria |
5 |
3 |
1 |
Bahan-bahan
penyusun |
Menggunakan
bahan yang mudah ditemukan dan ramah lingkumgan (bekas) |
Menggunakan
bahan yang mudah ditemukan tidak ramah lingkungan (bahan baru) |
Tidak keduanya |
Bentuk model
yang dihasilkan sesuai dengan sel |
Bentuk
representatif |
Bentuk sesuai
sel namu tidak represntatif |
Tidak sesuai |
Organel sel
lengkap sesuai tipe sel |
Organel sesuai
dengan tipe sel |
Organel kurang
atau berlebih 2 |
Organel tidak
sesuai |
Rangkasbitung,
Juli 2020
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah
Siti Maryam, SP |
Guru Mata Pelajaran IPA
Rasyid Ridho, S.Pd |
0 komentar:
Posting Komentar