WHAT'S NEW?
Loading...

RPP Adiwiyata Pencemaran Lingkungan Kelas 7 SMP

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah

:

SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar

Kelas/Semester

:

VII/Genap 2020-2021

Mata Pelajaran

:

IPA Terpadu

Materi/Topik

:

Pencemaran Lingkungan/Pencemaran Air & Udara

Alokasi Waktu

:

2 Pertemuan (4 JP)

 

A.

KI, KD, dan Indikator Pencapaian Kompetensi

3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

3.8

Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem

4.8

Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian  masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan

3.8.1

Menjelaskan penyebab peristiwa pencemaran air & udara

3.8.2

Menganalisis dampak dan upaya penanggulangan pencemaran air & udara

4.8.1

Menyajikan arikel tentang ide-ide penanggulangan pencemaran air & udara

 

 

B.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran saintifik dengan model Problem Based Learing, diharapkan peserta didik dapat menjelaskan penyebab peristiwa pencemaran air & udara dan mengananlisis dampak serta upaya penanggulangan pencemaran air & udara dengan benar juga menyajikan ide-ide tentang penanggulangan pencemaran air & udara di lingkungan dalam bentuk artikel melalui cooperative learning yang dilakukan dengan jujur, disiplin, rasa tanggung jawab, dan santun dalam kegiatan pembelajaran serta selalu bersyukur kepada Allah.

 

C.     Model Pembelajaran

1.

Pendekatan

:

Saintifik

2.

Metode

:

Cooperative learning

3.

Model

:

Problem Based Learning

 

D.     Materi Pembelajaran

1.

Penyebab dan dampak pencemaran udara

2.

Upaya penanggulangan pencemaran udara

 

E.    Media Pembelajaran

Media/Alat

1.

Google Meet

3.

Materi presentasi Ppt dan Video

2.

Laptop dan Handphone

4.

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Bahan

1.

Kertas

2.

Spidol

 

F.     Sumber Pembelajaran

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTS Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Abdi Guru. 2018. IPA Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Erlangga

 

G.

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

Pendahuluan

1.      Orientasi: melakukan salam pembuka dan berdoa untuk memanjatkan syukur kepada Allah SWT

Memeriksa kehadiran peserta didik untuk memastikan sikap disiplin melalui presensi

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran

2.      Apersepsi: Guru mengingatkan kembali materi pembelajaran yang telah lalu.

Mengajukan pertanyaan untuk memancing sikap kritis yaitu:

-          Apakah kalian pernah berwudu di sutau tempat, kemudian air wudu tersebut memiliki rasa? Mengapa demikian?

-          Jawaban yang diharapkan: Iya pernah. Itu terjadi karena air tersebut tercemar oleh bahan pencemar sehingga memiliki rasa.

3.      Memotivasi: guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari

4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran, langkah-langkah, dan penilaian yang akan dilakukan pada pertemuan yang berlangsung

20 menit

Kegiatan Inti

1.      Orientasi peserta didik pada masalah

Peserta didik menyimak permasalahan yang diberikan oleh guru berupa “kondisi air kolam sekolah”.

2.      Mengorganisasi peserta didik

Peserta didik dipersilakan duduk dengan kelompoknya masing-masing yang telah dibentuk sebelumnya. Peserta didik membagi tugas pada kelompoknya.

3.      Membimbing penyelidikan individu

Peserta didik melakukan penyelidikan dengan mengunjungi kolam sekolah dan menganalisis apakah kolam tersebut mengalami pencemaran atau tidak.

4.      Mengembangkan dan menyajikan hasil

Peserta didik diberi kesempatan untuk menyusun data-data yang telah dicari melalui LKPD dan disusun dalam sebuah artikel yang diberi judul.

5.      Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Peserta didik diberikat waktu untuk presentasi hasil penyelidikannya.

Peserta didik lain menyimak dan memberikan tanggapan juga apresiasi.

40 menit

Penutup

  1. Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajarn
  2. Peserta didik  dan guru merefleksikan hasil kegiatan
  3. Mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
  4. Guru memberikan penghargaan  kepada peserta didik yang berkinerja baik;
  5. Peserta didik mengerjakan soal-soal untuk mengukur pencapaian IPK
  6. Guru menyampaikan rencana tindak lanjut berupa pengayaan dan remedial

7.      Guru mengingatkan peserta didik agar tidak keluyuran dan selalu mentaati protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan covid 19, serta selalu menjaga kesehatan

8.      Guru mengajak berdo’a dan memberi salam sebelum mengakhiri  pembelajaran

20 menit

Pertemuan 2

Pendahuluan

1.      Orientasi: melakukan salam pembuka dan berdoa untuk memanjatkan syukur kepada Allah SWT

Memeriksa kehadiran peserta didik untuk memastikan sikap disiplin melalui presensi

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran

2.      Apersepsi: Guru mengingatkan kembali materi pembelajaran yang telah lalu.

Mengajukan pertanyaan untuk memancing sikap kritis yaitu:

-          Apa perbedaannya kondisi udara di perkotaan dan di perdesaan?

-          Jawaban yang diharapkan: kondisi udara di perdesaan lebih segar dan bersih apabila dibandingkan dengan udara di perkotaan

3.      Memotivasi: guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari

4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran, langkah-langkah, dan penilaian yang akan dilakukan pada pertemuan yang berlangsung

20

menit

Kegiatan Inti

1.      Orientasi peserta didik pada masalah

Guru menyampaikan masalah yang akan dipecahkan secara berkelompok.

Peserta didik diberikan video berita tentang cerahnya langit Kota Jakarta akibat menurunnya emisi polutan dari kendaraan bermotor serta artikel terkait.

2.      Mengorganisasi peserta didik

Peserta didik dipersilakan duduk dengan kelompoknya masing-masing yang telah dibentuk sebelumnya.

Peserta didik membagi tugas pada kelompoknya.

3.      Membimbing penyelidikan individu

Peserta didik melakukan penyelidikan berupa mencari data, referensi, atau sumber sebagai bahan artikel dari buku paket.

4.      Mengembangkan dan menyajikan hasil

Peserta didik diberi kesempatan untuk menyusun data-data yang telah dicari melalui LKPD dan disusun dalam sebuah artikel yang diberi judul.

5.      Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Peserta didik diberikat waktu untuk presentasi hasil penyelidikannya.

Peserta didik lain menyimak dan memberikan tanggapan juga apresiasi.

40 menit

Penutup

  1. Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajarn
  2. Peserta didik  dan guru merefleksikan hasil kegiatan
  3. Menyampaikan Q.S Al-Qashash: 77
  4. Mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas di pertemuan berikutnya
  5. Guru memberikan penghargaan  kepada peserta didik yang berkinerja baik;
  6. Peserta didik mengerjakan soal-soal untuk mengukur pencapaian IPK
  7. Guru menyampaikan rencana tindak lanjut berupa pengayaan dan remedial

8.      Guru mengingatkan peserta didik agar tidak keluyuran dan selalu mentaati protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan covid 19, serta selalu menjaga kesehatan

9.      Guru mengajak berdo’a dan memberi salam sebelum mengakhiri  pembelajaran

20 menit

 

H.

Remedial dan Pengayaan

Remedial

1.

Menjelaskan kembali mengenai penyebab pencemaran air & udara

Pengayaan

1.

Pencemaran udara yang menyebabkan lapisan ozon menipis

 

 

I.

Teknik dan Instrumen Penilaian

Pengetahuan

1.      Menjelaskan penyebab peristiwa pencemaran air & udara

2.      Menganalisis dampak dan upaya penanggulangan pencemaran air & udara

Tes tertulis

Instrumen terlampir

Sikap

1.      Jurnal observasi

2.      Penilaian diri

3.      Penilaian sebaya antarteman

Nontes

Tes

Instrumen terlampir

Keterampilan

1.      Artikel upaya penanggulangan pencemaran udara

Artikel

Instrumen terlampir

 

Rangkasbitung,    Januari 2021

Mengetahui,

Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah


Siti Maryam, SP

 


Guru Mata Pelajaran IPA Terpadu

  

Rasyid Ridho, S.Pd

 

Lampiran 1: Instrumen Penilaian Pengetahuan

A.     Kisi-Kisi

 

Mata Pelajaran             : IPA

Kelas/Semester             : VII/Genap

Materi                          : Bab 8 Pencemaran Lingkungan

Bentuk Soal                 : Pilihan Ganda

 

Kompetensi Dasar

IPK

Materi Pokok

Indikator Soal

Level Soal

Nomor Soal

3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem

Menjelaskan penyebab peristiwa pencemaran udara

Penyebab Pencemaran Air & Udara

 

Disajikan berbagai polutan udara penyebab pencemaran udara, peserta didik mampu menentukan gas yang bukan polutan udara

C1

1

Disajikan ciri-ciri air yang telah tercemar. Peserta didik mampu menentukan contoh peristiwa pencemaran air.

C1

2

Disajikan berbagai penyebab terjadinya polusi udara, siswa mampu menjelaskan terjadinya polusi udara

C2

3

Menganalisis dampak dan upaya penanggulangan pencemaran udara

Dampak dan Upaya Penanggulangan Pencemaran Air & Udara

Disajikan dampak pencemaran udara, peserta didik mampu menentukan polutan dan dampak yang benar

C2

4

Disajikan peristiwa pencemaran udara, peserta didik mampu menganalisis penanggulangan pencemaran udara tersebut

C3

5

 

B.     Instrumen Soal

Beri tanda silang pada pilihan jawaban yang paling tepat!

1.      Berikut ini adalah polutan pencemar udara, yang bukan penyebab pencemaran udara adalah . . . .

a.       CO2

b.      CO

c.       O2

d.      SO3

2.      Berikut ini adalah ciri-ciri air tercemar:

1.      Memiliki rasa dan bau

2.      Memiliki derajat keasaman kurang dari 7 dan lebih dari 7

3.      Kadar oksigen terlarut air rendah

4.      Warna air menjadi hijau

Eutrofikasi dapat menyebabkan industri perikanan menjadi terhambat karena utamanya disebabkan oleh ciri-ciri nomor . . . .

a.       1

b.      2

c.       3

d.      4

3.      Saat kemarau Pulau Sumatra mengalami polusi udara berupa asap dan kabut tebal yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan, disebabkan oleh apa kah pencemaran tersebut?

a.       Reboisasi hutan

b.      Kebakaran hutan

c.       Penebangan hutan

d.      Pembangunan pabrik minyak kelapa sawit

4.      Pada suatu pagi Budi melakukan perjalanan menuju sekolahnya dengan berjalan kaki melewati jalan raya yang penuh dengan kemacetan kendaraan bermotor. Suatu ketika Budi pingsan karena sesak napas. Dari peristiwa tersebut disebabkan oleh apakah itu?

a.       Kendaraan yang mengeluarkan CO

b.      Kendaraan yang mengeluarkan SO3

c.       Pabrik yang mengeluarkan O3

d.      Pabrik yang mengeluarkan SO3

5.      Agar suatu kota dapat terhindar dari pencemaran udara ada baiknya kita melakukan perilaku di bawah ini, kecuali . . . .

a.       Menanam pohon-pohon di depan rumah

b.      Mengurangi penggunaan kedaraan pribadi

c.       Memilih menggunakan sepeda

d.      Kendaraan pribadi selalu kita gunakan

 

C.     Kunci jawaban

1.      C

2.      C

3.      B

4.      A

5.      D

 

D.     Pedoman Penskoran

Setiap jawaban benar mendapat skor 1

Skor maksimal 4

 

Lampiran 2: Instrumen Penilaian Sikap

A.     Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No

Nama Siswa

Sikap

Ket

Jujur

Tanggung Jwb

Disiplin

Relijius

1

2

3

1

2

3

1

2

3

1

2

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik penilaian Sikap

No

Aspek Yang Dinilai

Skor

Deskripsi

1

Jujur

3

Siswa bersikap jujur saat mengerjakan tugas kelompok

2

Siswa kurang bersikap jujur saat mengerjakan tugas kelompok

1

Siswa tidak jujur saat mengerjakan tugas kelompok

2

Tanggung Jawab

3

Siswa bertanggung jawab atas tugas yang diberikan

2

Siswa kurang bertanggung jawab atas tugas yang diberikan

1

Siswa tidak bertanggung jawab atas tugas yang diberikan

3

Disiplin

3

Siswa disiplin saat mengerjakan tugas

2

Siswa kurang disiplin saat mengerjakan tugas

1

Siswa tidak disiplin saat mengerjakan tugas

4

Relijius

3

Siswa bersikap relijius dengan berdoa di awal dan akhir pelajaran

2

Siswa kurang relijiusdengan berdoa di awal atau akhir pelajaran

1

Siswa tidak bersikap relijius saat tidak berdoa

 

Penskoran Aspek Sikap:

Nilai Sikap : Jumlah skor perolehan    X 100

                   Jumlah skor maksimum

Kategori :

86 - 100      : Sangat Baik (A)

71 - 85        : Baik (B)

55 – 70        : Cukup (C)

≤ 55             : Kurang (D)


B.     Penilaian Diri

Berilah tanda centang (√) pada kolom di bawah ini!

 

PERNYATAAN

1

2

3

4

Jumlah

Skor

Nilai

1

Saya selalu berdoa sebelum melakukan aktiftas.

 

 

 

 

 

 

2

Saya sholat lima waktu tepat waktu.

 

 

 

 

3

Saya berani mengakui kesalahan saya.

 

 

 

 

4

Saya menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu.

 

 

 

 

5

Saya berani menerima resiko atas tindakan yang saya lakukan.

 

 

 

 

6

Saya mengembalikan barang yang saya pinjam.

 

 

 

 

7

Saya meminta maaf jika melakukan kesalahan.

 

 

 

 

8

Saya datang sekolah tepat waktu.

 

 

 

 

9

Saya tidak berkata-kata kotor, kasar dan takabur

 

 

 

 

10

Saya meminta izin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain

 

 

 

 

JUMLAH

 

 

 

 

 

Pedoman Penskoran:

Skor 4  = Selalu

Skor 3  = Sering

Skor 2    = Kadang-kadang

Skor 1  = Tidak Pernah

 

Nilai  = Jumlah Skor Perolehan  X 100

             Jumlah Skor maksimal

Kategori :

86 - 100 : Sangat Baik (A)

71 - 85 : Baik (B)

55 – 70            : Cukup (C)

≤ 55     : Kurang (D)

 

C.  Penilaian Antar teman

Berilah tanda centang (√) pada kolom di bawah ini!

NO

PERNYATAAN

1

2

3

4

Jumlah

Skor

Nilai

1

Teman saya selalu berdoa sebelum melakukan aktifitas.

 

 

 

 

 

 

2

Teman saya sholat lima waktu tepat waktu.

 

 

 

 

 

 

3

Teman saya tidak menyontek dalam mengerjakan ujian / ulangan.

 

 

 

 

 

 

4

Teman saya menyelesaikan tugas tepat waktu.

 

 

 

 

 

 

5

Teman saya tidak menyalahkan orang lain untuk kesalahan karena tindakan dirinya sendiri

 

 

 

 

 

 

6

Teman saya melaporkan data atau informasi apa adanya.

 

 

 

 

 

 

7

Teman saya mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilkakukan

 

 

 

 

 

 

8

Teman saya datang sekolah tepat waktu.

 

 

 

 

 

 

9

Teman saya tidak berkata-kata kotor, kasar dan takabur

 

 

 

 

 

 

10

Teman saya meminta izin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain

 

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

 

 

 

 

 

Pedoman Penskoran:

Skor 4  = Selalu

Skor 3  = Sering

Skor 2    = Kadang-kadang

Skor 1  = Tidak Pernah

 

Nilai  = Jumlah Skor Perolehan  X 100

             Jumlah Skor maksimal

Kategori :

86 - 100 : Sangat Baik (A)

71 - 85 : Baik (B)

55 – 70            : Cukup (C)

≤ 55     : Kurang (D)

 

JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP

 

Nama Sekolah            : SMP Terpadu Al-Qudwah

Kelas/Semester           : VII/ Genap

Tahun pelajaran         : 2020/2021

Mata Pelajaran           : IPA

No

Waktu

Nama Siswa

Catatan Prilaku

Butir Sikap

Ttd

Tindak Lanjut

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 3: Instrumen Penilaian Keterampilan

Pertemuan 1

Lembar Kerja Peserta Didik

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran saintifik dengan model Problem Based Learing, diharapkan peserta didik dapat menjelaskan penyebab peristiwa pencemaran air & udara dan mengananlisis dampak serta upaya penanggulangan pencemaran air & udara dengan benar juga menyajikan ide-ide tentang penanggulangan pencemaran air & udara di lingkungan dalam bentuk artikel melalui cooperative learning yang dilakukan dengan jujur, disiplin, rasa tanggung jawab, dan santun dalam kegiatan pembelajaran serta selalu bersyukur kepada Allah.

 

Petunjuk Pengerjaan

1.      Tulislah nama lengkap dan kelasmu

2.      Kerjakan dengan cara menyalin soal ini di buku tulismu kemudian dijawab

3.      Kerjakan dengan menggunakan ballpoint agar terlihat jelas dan rapi

4.      Dikumpulkan di elearning setelah jam IPA selesai

 

Nama: ………………

Kelas: ………………

 

-          Pertanyaan

1.      Jelaskan bagaimanakah kondisi kolam sekolah?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2.      Apakah ciri-ciri air pada kolam sekolah sama dengan ciri-ciri air yang tercemar? Jelaskan!

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.      Bagaimana dampak pencemaran udara terhadap kesehatan manusia?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4.      Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah atau menanggulangi pencemaran udara?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

-          Pembuatan Artikel

Setelah menjawab pertanyaan di atas, susunlah ide-idemu dalam bentuk arikel demgan topic upaya penanggulangan pencemaran udara! Artikel yang dilengkapi kalimat himbauan mencegah pencemaran udara. Minimal 2 paragraf!

 

Pertemuan 2

Lembar Kerja Peserta Didik

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran saintifik dengan model Problem Based Learing, diharapkan peserta didik dapat menjelaskan penyebab peristiwa pencemaran air & udara dan mengananlisis dampak serta upaya penanggulangan pencemaran air & udara dengan benar juga menyajikan ide-ide tentang penanggulangan pencemaran air & udara di lingkungan dalam bentuk artikel melalui cooperative learning yang dilakukan dengan jujur, disiplin, rasa tanggung jawab, dan santun dalam kegiatan pembelajaran serta selalu bersyukur kepada Allah.

 

Petunjuk Pengerjaan

1.      Tulislah nama lengkap dan kelasmu

2.      Kerjakan dengan cara menyalin soal ini di buku tulismu kemudian dijawab

3.      Kerjakan dengan menggunakan ballpoint agar terlihat jelas dan rapi

4.      Dikumpulkan di elearning setelah jam IPA selesai

 

Nama: ………………

Kelas: ………………

 

-          Informasi

Kondisi Udara Kota Jakarta

[Gambar Kota penuh polusi]

[Gambar Kota sedikit polusi]

Sebelum Pandemi Covid-19

Setelah Pandemi Covid-19

 

KOMPAS.com - Beberapa waktu yang lalu, tepatnya Selasa (1/12/2020), tagar #langitjakarta menjadi trending topic di media sosial Twitter. Tagar #langitjakarta mengindikasikan cerahnya langit ibu kota Jakarta, berwarna biru terang dengan awan-awan putih yang terlihat jelas, tanpa terhalau kabut polusi  Selain trending langit biru yang cerah di Jakarta, banyak anggota masyarakat menyebut polusi udara di Kota Jakarta juga lebih rendah daripada biasanya pada tahun 2020 ini. Baca juga: Trending Langit Jakarta Biru Cerah Hari Ini, Ini Penjelasan BMKG Hal ini dikaitkan dengan berkurangnya aktivitas di Ibu Kota akibat pandemi Covid-19 yang juga melanda ratusan negara di dunia. Padahal, Kota Jakarta telah lama dikenal dengan kota metropolitan yang kualitas udaranya buruk karena polusi dan emisi karbon. Lantas, benarkah polusi udara di Jakarta menurun selama pandemi Covid-19?
Artikel ini dari
Kompas.com dengan judul "Benarkah Polusi Udara di Jakarta Menurun Selama Pandemi? baca: https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/18/130500023/benarkah-polusi-udara-di-jakarta-menurun-selama-pandemi-ini-faktanya?page=all.
Penulis : Ellyvon Pranita; Editor : Bestari Kumala Dewi

-          Pertanyaan

1.      Berdasarkan gambar dan artikel di atas, bagaimanakah kondisi udara di Kota Jakarta sebelum

dan setelah pandemic Covid-19?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

2.      Sebutkan dan jelaskan polutan yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara di perkotaan seperti Jakarta!

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

3.      Bagaimana dampak pencemaran udara terhadap kesehatan manusia?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

4.      Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah atau menanggulangi pencemaran udara?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

-          Pembuatan Artikel

Setelah menjawab pertanyaan di atas, susunlah ide-idemu dalam bentuk arikel demgan topic upaya penanggulangan pencemaran udara! Artikel yang dilengkapi kalimat himbauan mencegah pencemaran udara. Minimal 2 paragraf!

 

A.     Rubrik Penilaia  Keterampilan

No

Kriteria

Skor

5

3

1

1

Judul

Menggunakan kalimat dan diksi yang menarik

Menggunakan kalimat menarik

Tidak keduanya

2

Ide

Mudah diterapkan, menggerakkan banyak orang.

Mudah diterapkan

Tidak keduanya

3

Kalimat

Terdapat unsur kalimat yang lengkap (SPO)

Unsur tidak lengkap

Kalimat berantakan

4

Data

Menggunakan hasil data pengamatan di lingkungan sekitar rumah

Data hasil dari internet dan masih di Indonesia

Data dari luar negeri

5

Himbauan

Terdapat kalimat himbauan secara tersurat dan tersirat

Kalimat himbauan secara tersirat

Tidak keduanya

 

B.     Pedoman Penskoran

Skor maksimal: 25

0 komentar:

Posting Komentar