Gunakan RPP ini hanya sebagai acuan saja dilakukan sesuai dengan keadaan. RPP ini didesain dalam 2 pertemuan dengan topik utama adalah ciri-ciri dan klasifikasi makhluk hidup.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S. Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Klasifikasi Makhluk Hidup/Ciri-ciri Makhluk Hidup |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (Pertemuan 1) |
A.
Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa mampu menjelaskan
ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat melalui pemaparan guru 2.
Siswa mampu menulis nama ilmiah organisme
dengan kaidah yang
tepat melalui Lembar
Kerja 3.
Siswa mampu mengelompokkan
organisme menggunakan kunci identifikasi dengan tepat melalui Lembar Kerja |
B.
Kegiatan
Pembelajaran |
|
Pendahuluan |
a. Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first). b. Scene setting
memberikan link video tentang virus
makhluk hidup atau bukan? |
Kegiatan Inti |
a. Siswa
menyimak slide show ciri-ciri
makhluk hidup, penamaan ilmiah dan kunci identifikasi b. Siswa
diberi kesempatan dalam sesi tanya jawab c.
Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang diisi berdasarkan sumber belajar buku paket erlangga |
Penutup |
a.
Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menyampaikan Q.S Annisa : 56 c.
Menginformasikan rencana materi
pertemuan selanjutnya |
C.
Penilaian |
||
Pengetahuan |
||
1. Menjelaskan
ciri-ciri makhluk hidup 2. Menulis nama ilmiah dengan kaidah yang tepat 3. Melakukan
klasifikasi menggunakan kunci identifikasi |
Tes tertulis |
|
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu
Al-Qudwah Siti Maryam, SP |
Rangkasbitung, Juli 2020 Guru Mapel IPA Rasyid Ridho, S.Pd |
LEMBAR
KERJA I
Nama :
Kelas :
A.
Petunjuk
1.
Kerjakan
pertanyaan di bawah pada buku atau kertas milikmu jika sudah
selesai difoto dan upload ke E-learningQu
2.
Kerjakan dengan
bersumber dari buku paket Erlangga
B.
Soal-soal
1. Pasangkanlah
pernyataan berikut dengan jawaban di dalam kotak
1. Insang
2. Makhluk
hidup membuat makanannya sendiri 3. Beraksi
terhadap rangsang 4. Peka
terhadap rangsang 5. Mengeluarkan
keringat 6. Berkembang
biak secara tak kawin |
a. Autotrof b. Iritabilitas
c. Respirasi
ikan d. Iritabilitas
e. Ekskresi
f. Vegetatif |
2.
Cari dan tulislah nama ilmiah organisme
di bawah ini dengan menggunakan kaidah yang benar!
No |
Nama organisme |
Nama ilmiah |
1. |
Gajah
Sumatra |
|
2. |
Badak
Jawa |
|
3. |
Orangutan
Kalimantan |
|
4. |
Cendrawasih
kuning besar |
|
5. |
Komodo |
|
6. |
Bunga
sepatu |
|
7. |
Jagung |
|
8. |
Singkong |
|
9. |
Manga
|
|
10. |
Durian
|
|
3. Identifikasilah
gambar makhluk hidup di bawah ini menggunakan kunci dikotomi! Kemudian buatlah
kode identifikasi dari gambar makhluk hidup di bawah ini!
a. [[Gambar bekicot]] |
b. [[Gambar kadal]] |
c. [[Gambar Pohon Jambu Air]] |
1. |
a.
Memiliki klorofil………………………………….. b.
Tidak memiliki klorofil…………………………… |
2 3 |
2. |
a.
Pertulangan daun menyirip atau
menjari................ b.
Pertulangan daun tidak menyirip…………………. |
Dikotiledon Monokotiledon |
3. |
a.
Bertulang belakang………………………………… b.
Tidak bertulang belakang………………………….. |
4 8 |
4. |
a.
Kulit selalu basah………………………………….. b.
Kulit tidak selalu basah…………………………… |
5 6 |
5. |
a.
Kulit bersisik………………………………………. b.
Kulit tidak bersisik………………………………… |
Pisces Amphibia |
6. |
a.
Menyusui anaknya…………………………………. b.
Tidak menyusui anaknya………………………….. |
Mammalia 7 |
7. |
a.
Tubuh ditutupi bulu.............………………………. b.
Tubuh tidak ditutupi bulu………………………….. |
Aves Reptilia |
8. |
a.
Memiliki cangkang
keras………............................ b.
Tidak memiliki cangkang keras…………………… |
Moluska Annelida |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S. Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Klasifikasi Makhluk Hidup/Perkembangan Klasifikasi
Makhluk Hidup |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (Pertemuan 2) |
A.
Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa mampu mengklasifikasikan plantae
menggunakan kunci identifikasi makhluk hidup dengan tepat melalui Lembar
Kerja 2.
Siswa mampu mengklasifikasikan
animalia menggunakan kunci identifikasi makhluk hidup dengan tepat melalui
Lembar Kerja |
B.
Kegiatan
Pembelajaran |
|
Pendahuluan |
a. Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first). b. Scene setting
memberikan link video tentang
komoditas pasar/supermarket |
Kegiatan Inti |
a. Siswa
menyimak slide show tentang
perkembangan sistem klasifikasi makhluk hidup dan kunci identifikasi b. Siswa
diberi kesempatan dalam sesi tanya jawab c.
Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang diisi berdasarkan sumber belajar buku paket erlangga |
Penutup |
a.
Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menyampaikan Q.S Annur: 45 c.
Menginformasikan pertemuan
selanjutnya Ulangan BAB 2 |
C.
Penilaian |
||||
Pengetahuan |
||||
1.
Mengklasifikasikan plantae
menggunakan kunci identifikasi 2.
Mengklasifikasikan animalia
menggunakan kunci identifikasi |
Tes tertulis |
|||
Keterampilan |
||||
Keterampilan
Kerja |
5 |
3 |
1 |
|
Menuliskan 3 ciri-ciri morfologi plantae yang
diamati |
Menuliskan 3 ciri utama plantae (organ
akar,batang, daun) |
Menuliskan ciri utama plantae kurang dari 2 |
Menuliskan bukan ciri utama plantae |
|
Penentuan kelompok animalia sesuai dengan
ciri-cirinya |
Terdapat persamaan ciri yang khas dalam kelompok
MH |
Persamaan ciri terlalu umum |
Persamaan ciri tidak merepresentasikan kelompok |
|
Menuliskan kesimpulan |
Kesimpulan ditulis berdasarkan hasil pengamatan
ciri MH |
Kesimpulan ditulis berdasarkan hasil pengamatan
selain ciri MH |
Kesimpulan ditulis melenceng dari mengamatan |
|
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu
Al-Qudwah Siti Maryam, SP |
Rangkasbitung, Juli 2020 Guru Mapel IPA Rasyid Ridho, S.Pd |
LEMBAR
KERJA II
Nama :
Kelas :
A.
Petunjuk
1.
Kerjakan
pertanyaan di bawah pada buku atau kertas milikmu jika sudah
selesai difoto dan upload ke E-learningQu
2.
Kerjakan dengan
bersumber dari buku paket Erlangga
B.
Soal-soal
1. Amatilah
gambar anggota kingdom plantae di bawah ini!
a |
b |
c |
d |
e |
f |
g |
h |
a.Bayam,
b. Kentang, c. Singkong, d. Melati, e. Sawi, f. Kamboja, g. Wortel, h. Kol. |
Isilah
tabel di bawah ini dengan mengelompokkan dan menulis ciri-ciri anggota kingdom
plantae yang ada di gambar di atas!
No. |
Nama Kelompok Tumbuhan |
Jenis Tumbuhan |
Ciri-ciri |
1. |
Sayuran Daun (CONTOH) |
Bayam |
Akar tunggang Batang berair Daun menyirip |
|
Akar …… Batang ….. Daun ….. |
||
|
Akar …. Batang …. Daun …, |
||
2. |
|
|
|
3. |
|
|
|
a |
b |
c |
d |
e |
f |
g |
h |
a.Capung, b.Belalang, c.Lobster, d.Cacing, e.Kaki
seribu, f.Udang, g.Kelabang, h.Kupu-kupu |
Isilah
tabel di bawah ini dengan menulis ciri-ciri anggota animalia di atas!
Kelompokkanlah anggota yang memiliki ciri-ciri sama!
No. |
Nama Kelompok
Hewan |
Nama Hewan |
Bagian Tubuh |
Jumlah Sayap |
Jumlah Kaki |
1. |
Serangga |
Capung |
3 bagian (kepala, badan, ekor) |
Sepasang |
3 pasang |
|
|
|
|
||
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Buatlah
1 kesimpulan dari hal-hal yang kamu kerjakan tadi berkaitan dengan klasifikasi
makhluk hidup!
0 komentar:
Posting Komentar