WHAT'S NEW?
Loading...

RPP Selembar Klasifikasi Makhluk Hidup SMP Kelas 7 PJJ/Daring

Gunakan RPP ini hanya sebagai acuan saja dilakukan sesuai dengan keadaan. RPP ini didesain dalam 2 pertemuan dengan topik utama adalah ciri-ciri  dan klasifikasi makhluk hidup.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Guru

:

Rasyid Ridho, S. Pd

Sekolah

:

SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar

Kelas/Semester

:

VII/Ganjil 2020-2021

Mata Pelajaran

:

IPA Terpadu

Materi/Topik

:

Klasifikasi Makhluk Hidup/Ciri-ciri Makhluk Hidup

Alokasi Waktu

:

2 x 40 menit (Pertemuan 1)

 

A.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat melalui pemaparan guru

2.      Siswa mampu menulis nama ilmiah organisme dengan kaidah yang tepat melalui Lembar Kerja

3.      Siswa mampu mengelompokkan organisme menggunakan kunci identifikasi dengan tepat melalui Lembar Kerja

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

a.       Apersepsi (salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first).

b.      Scene setting memberikan link video tentang virus makhluk hidup atau bukan?

Kegiatan Inti

a.       Siswa menyimak slide show ciri-ciri makhluk hidup, penamaan ilmiah dan kunci identifikasi

b.      Siswa diberi kesempatan dalam sesi tanya jawab

c.       Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang diisi berdasarkan sumber belajar buku paket erlangga

Penutup

a.       Guru dan siswa melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari

b.      Menyampaikan Q.S Annisa : 56

c.       Menginformasikan rencana materi pertemuan selanjutnya

 

C.    Penilaian

Pengetahuan

1.      Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup

2.      Menulis nama ilmiah dengan kaidah yang tepat

3.      Melakukan klasifikasi menggunakan kunci identifikasi

Tes tertulis

 

Mengetahui,

 

Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah

 

 

 

 

Siti Maryam, SP

Rangkasbitung,     Juli 2020

 

 

Guru Mapel IPA

 

 

 

 

Rasyid Ridho, S.Pd


LEMBAR KERJA I

Nama              :

Kelas               :

 

A.    Petunjuk

1.      Kerjakan pertanyaan di bawah pada buku atau kertas milikmu jika sudah selesai difoto dan upload ke E-learningQu

2.      Kerjakan dengan bersumber dari buku paket Erlangga

B.     Soal-soal

1.      Pasangkanlah pernyataan berikut dengan jawaban di dalam kotak

1.      Insang

2.      Makhluk hidup membuat makanannya sendiri

3.      Beraksi terhadap rangsang

4.      Peka terhadap rangsang

5.      Mengeluarkan keringat

6.      Berkembang biak secara tak kawin

a.       Autotrof

b.      Iritabilitas

c.       Respirasi ikan

d.      Iritabilitas

e.       Ekskresi

f.       Vegetatif

 

2.      Cari dan tulislah nama ilmiah organisme di bawah ini dengan menggunakan kaidah yang benar!

No

Nama organisme

Nama ilmiah

1.

Gajah Sumatra

 

2.

Badak Jawa

 

3.

Orangutan Kalimantan

 

4.

Cendrawasih kuning besar

 

5.

Komodo

 

6.

Bunga sepatu

 

7.

Jagung

 

8.

Singkong

 

9.

Manga

 

10.

Durian

 

 

3.      Identifikasilah gambar makhluk hidup di bawah ini menggunakan kunci dikotomi! Kemudian buatlah kode identifikasi dari gambar makhluk hidup di bawah ini!

a. [[Gambar bekicot]]

b. [[Gambar kadal]]

c. [[Gambar Pohon Jambu Air]]

 

1.

a.       Memiliki klorofil…………………………………..

b.      Tidak memiliki klorofil……………………………

2

3

2.

a.       Pertulangan daun menyirip atau menjari................

b.      Pertulangan daun tidak menyirip………………….

Dikotiledon

Monokotiledon

3.

a.       Bertulang belakang…………………………………

b.      Tidak bertulang belakang…………………………..

4

8

4.

a.       Kulit selalu basah…………………………………..

b.      Kulit tidak selalu basah……………………………

5

6

5.

a.       Kulit bersisik……………………………………….

b.      Kulit tidak bersisik…………………………………

Pisces

Amphibia

6.

a.       Menyusui anaknya………………………………….

b.      Tidak menyusui anaknya…………………………..

Mammalia

7

7.

a.       Tubuh ditutupi bulu.............……………………….

b.      Tubuh tidak ditutupi bulu…………………………..

Aves

Reptilia

8.

a.       Memiliki cangkang keras………............................

b.      Tidak memiliki cangkang keras……………………

Moluska

Annelida


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Guru

:

Rasyid Ridho, S. Pd

Sekolah

:

SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar

Kelas/Semester

:

VII/Ganjil 2020-2021

Mata Pelajaran

:

IPA Terpadu

Materi/Topik

:

Klasifikasi Makhluk Hidup/Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup

Alokasi Waktu

:

2 x 40 menit (Pertemuan 2)

 

A.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa mampu mengklasifikasikan plantae menggunakan kunci identifikasi makhluk hidup dengan tepat melalui Lembar Kerja

2.      Siswa mampu mengklasifikasikan animalia menggunakan kunci identifikasi makhluk hidup dengan tepat melalui Lembar Kerja

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

a.       Apersepsi (salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first).

b.      Scene setting memberikan link video tentang komoditas pasar/supermarket

Kegiatan Inti

a.       Siswa menyimak slide show tentang perkembangan sistem klasifikasi makhluk hidup dan kunci identifikasi

b.      Siswa diberi kesempatan dalam sesi tanya jawab

c.       Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang diisi berdasarkan sumber belajar buku paket erlangga

Penutup

a.       Guru dan siswa melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari

b.      Menyampaikan Q.S Annur: 45

c.       Menginformasikan pertemuan selanjutnya Ulangan BAB 2

 

C.    Penilaian

Pengetahuan

1.      Mengklasifikasikan plantae menggunakan kunci identifikasi

2.      Mengklasifikasikan animalia menggunakan kunci identifikasi

Tes tertulis

Keterampilan

Keterampilan Kerja

5

3

1

Menuliskan 3 ciri-ciri morfologi plantae yang diamati

Menuliskan 3 ciri utama plantae (organ akar,batang, daun)

Menuliskan ciri utama plantae kurang dari 2

Menuliskan bukan ciri utama plantae

Penentuan kelompok animalia sesuai dengan ciri-cirinya

Terdapat persamaan ciri yang khas dalam kelompok MH

Persamaan ciri terlalu umum

Persamaan ciri tidak merepresentasikan kelompok

Menuliskan kesimpulan

Kesimpulan ditulis berdasarkan hasil pengamatan ciri MH

Kesimpulan ditulis berdasarkan hasil pengamatan selain ciri MH

Kesimpulan ditulis melenceng dari mengamatan

 

Mengetahui,

 

Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah

 

 

 

 

Siti Maryam, SP

Rangkasbitung,     Juli 2020

 

 

Guru Mapel IPA

 

 

 

 

Rasyid Ridho, S.Pd


LEMBAR KERJA II

Nama              :

Kelas               :

 

A.    Petunjuk

1.      Kerjakan pertanyaan di bawah pada buku atau kertas milikmu jika sudah selesai difoto dan upload ke E-learningQu

2.      Kerjakan dengan bersumber dari buku paket Erlangga

B.     Soal-soal

1.      Amatilah gambar anggota kingdom plantae di bawah ini!

a.Bayam, b. Kentang, c. Singkong, d. Melati, e. Sawi, f. Kamboja, g. Wortel,  h. Kol.

 

Isilah tabel di bawah ini dengan mengelompokkan dan menulis ciri-ciri anggota kingdom plantae yang ada di gambar di atas!

No.

Nama Kelompok Tumbuhan

Jenis Tumbuhan

Ciri-ciri

1.

Sayuran Daun

(CONTOH)

Bayam

Akar tunggang

Batang berair

Daun menyirip

 

Akar ……

Batang …..

Daun …..

 

Akar ….

Batang ….

Daun …,

2.

 

 

 

3.

 

 

 

 2.      Amatilah gambar anggota animalia di bawah ini!

 

a.Capung, b.Belalang, c.Lobster, d.Cacing, e.Kaki seribu, f.Udang, g.Kelabang, h.Kupu-kupu

 

Isilah tabel di bawah ini dengan menulis ciri-ciri anggota animalia di atas! Kelompokkanlah anggota yang memiliki ciri-ciri sama!

No.

Nama Kelompok Hewan

Nama Hewan

Bagian Tubuh

Jumlah Sayap

Jumlah Kaki

1.

Serangga

Capung

3 bagian (kepala, badan, ekor)

Sepasang

3 pasang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Buatlah 1 kesimpulan dari hal-hal yang kamu kerjakan tadi berkaitan dengan klasifikasi makhluk hidup!


0 komentar:

Posting Komentar