WHAT'S NEW?
Loading...

RPP Selembar IPA Kelas 7 Besaran dan Pengukuran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Guru

:

Rasyid Ridho, S. Pd

Sekolah

:

SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar

Kelas/Semester

:

VII/Ganjil 2020-2021

Mata Pelajaran

:

IPA Terpadu

Materi/Topik

:

Besaran dan Pengukuran/Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Alokasi Waktu

:

2 x 40 menit (Pertemuan 1)

 

A.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa mampu mengelompokkan besaran ke dalam besaran pokok dan besaran turunan dengan tepat melalui pemaparan

2.      Siswa mampu mengonversikan satuan Sistem Internasional pada pengukuran besaran dengan tepat melalui latihan soal

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

a.       Apersepsi (salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first).

b.      Scene setting memberikan link video tentang pentingnya besaran

Kegiatan Inti

a.       Siswa menyimak slide show tentang pendahuluan IPA

b.      Siswa mengaitkan cara berpikir ilmiah dengan manfaat belajar IPA

c.       Siswa menyimak slide show tentang besaran pokok dan besaran turunan serta satuan Sistem Internasional (SI)

d.      Siswa mengerjakan latihan soal mengonversi satuan SI hal. 37-39

Penutup

a.       Guru dan siswa melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari

b.      Menyampaikan Q.S Al Qomar : 49

c.       Menginformasikan alat ukur yang perlu digunakan pelajaran selanjutnya

 

C.    Penilaian

Pengetahuan

1.      Mengelompokkan besaran pokok dan besaran turunan

2.      Mengonversikan besaran

Tes tertulis

Sikap

Kriteria

5

3

1

Mengertakan tuntas latihan soal

Mengerjakan tuntas 10 soal

Mengerjakan tidak tuntas 6-5 soal

Mengerjakan tidak tuntas 1-3 soal

Mengumpulkan tugas tepat waktu

Mengumpulkan tepat waktu

Mengumpulkan tidak tepat waktu kurang dari 20 menit

Mengumpulkan tidak tepat waktu lebih dari 20 menit

 

Mengetahui,

 

Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah

 

 

Siti Maryam, SP

Rangkasbitung,     Juli 2020

 

 

Guru Mapel IPA Terpadu

 


Rasyid Ridho, S.Pd

LATIHAN SOAL 1

Petunjuk latihan soal:

        i.            Latihan soal ini dapat dilihat pada buku paket IPA Terpadu Erlangga halaman 37

      ii.            Kerjakan latihan soal ini dengan menuliskan jawaban yang benar saja di buku tugasmu kemudian foto menggunakan handphone dan upload ke E-learningQu

    iii.            Tuliskan nomor urut soal sesuai dengan yang berada di buku

    iv.            Soal-soal yang dikerjakan pada halaman37-39 adalah sebagai berikut

Bagian A (soal pilhan ganda): 1, 2, 3, 8, dan 9

Bagian C (soal uraian): 1, 2, 3, 4, dan 5  

 


A.    Pilihan Ganda


1.      Berikut ini yang tidak termasuk satuan dalam SI adalah…

a.       Depa

b.      Sekon

c.       Candela

d.      Kelvin

2.      Besaran pokok berikut ini yang benar adalah…

a.       Luas

b.      Volume

c.       Suhu

d.      Massa jenis

3.      Berikut ini yang bukan besaran turunan adalah…

a.       Kuat arus listrik

b.      Berat

c.       Luas

d.      Energi

8.      Setiap hari Arif berolahraga selama 15 menit. Waktu tersebut jika dinyatakan dalam sekon adalah…

a.       60 sekon

b.      150 sekon

c.       900 sekon

d.      1.200 sekon

9.      Suatu logam melebur pada suhu 1.250 oC. Jika dinyatakan dalam satuan Kelvin, logam tersebut melebur pada suhu…

a.       1.253 K

b.      1.352 K

c.       1.523 K

d.      1.532 K

 

C.    Uraian

1.      Tuliskan tujuh macam besaran pokok beserta satuannya!

2.      Jelaskan yang dimaksud dengan besaran pokok dan besaran turunan!

3.      Apakah perbedaan antara massa dengan berat? Jelaskan jawabanmu!

4.      Tuliskan empat macam besaran turunan yang kamu ketahui!

5.      Konversikan hasil pengukuran berikut ke dalam Satuan Internasional!

a.       1.500 km

b.      450 g

c.       120 menit

d.      55oC

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Guru

:

Rasyid Ridho, S. Pd

Sekolah

:

SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar

Kelas/Semester

:

VII/Ganjil 2020-2021

Mata Pelajaran

:

IPA Terpadu

Materi/Topik

:

Besaran dan Pengukuran/Bentuk baku dan Pengukuran

Alokasi Waktu

:

2 x 40 menit (Pertemuan 2)

 

A.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa mampu menerapkan cara mengubah bilangan menjadi bentuk baku dengan tepat melaului Lembar Kerja

2.      Siswa mampu mengetahui cara mengukur dengan menggunakan beberapa alat ukur dengan benar melalui Lembar Kerja

 

B.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

a.       Apersepsi (salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first).

b.      Scene setting memberikan link video tentang cara pentingnya mengukur

Kegiatan Inti

a.       Guru menampilkan slide show tentang bentuk baku bilangan dan cara membaca hasil pengukuran menggunakan beberapa alat ukur

b.      Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang dibagikan oleh guru

c.       Guru memberikan latihan dari buku paket jelajah konsep 1.3 untuk mengukur luas kertas halaman 29

Penutup

a.       Guru dan siswa melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari

b.      Menyampaikan Q.S Furqon :2

c.       Menginformasikan pertemuan selanjutnya adalah Ulangan Bab 1

 

C.    Penilaian

Pengetahuan

1.      Mengubah bilangan menjadi bentuk baku

2.      Membaca hasil pengukuran dengan alat ukur

Tes tertulis

Keterampilan

Keterampilan Kerja

5

3

1

Mengukur dengan menggunakan alat yang sesuai

Alat ukur sesuai dengan besaran yang diukur

Alat ukur tepat yang diukur tidak tepat

Tidak tepat keduanya

Menghitung besaran turunan dengan tepat

Menggunakan rumus yang tepat dan hasil benar

Menggunakan rumus tepat hasil salah (atau sebaliknya)

Menggunakan rumus dan hasil salah

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah

 

 

 

Siti Maryam, SP

Rangkasbitung,     Juli 2020

 

Guru Mapel IPA

 

 

 

Rasyid Ridho, S.Pd

LEMBAR KERJA

Nama Siswa   :

Kelas               :

 

A.    Tujuan Pembelajaran

1.      Menerapkan cara mengubah bilangan menjadi bentuk baku

2.      Mengetahui cara mengukur dengan menggunakan beberapa alat ukur

 

B.     Petunjuk Pengerjaan

1.      Kerjakan pertanyaan di bawah pada buku tulismu jika sudah selesai difoto dan upload ke E-learningQu

2.      Kerjakan dengan bersumber dari buku paket Erlangga

C.    Soal-soal

1.      Konversikan besaran di bawah ini kemudian ubah menjadi bentuk baku

No.

Besaran Awal

Konversi

Bentuk Baku

Contoh 1

10 km

10.000 m

1 x 104 m

Contoh 2

523 g

0,523 kg

5,23 x 10-1 kg

a

35 kg

….. g

….. g

b

14 m

..... mm

….. mm

c

232 mm

….. km

….. km

 

2.      Arik diminta ibunya untuk membeli gula di warung. Penjaga warung menimbang gula menggunakan anak timbangan 1 kg dan 250 g. Tentukanlah:

a.       Alat ukur apa yang digunakan?

b.      Sebutkan nama besaran, nilai besaran yang diukur, dan satuannya!

 

3.      Tentukan hasil pengukuran jangka sorong di bawah ini!

a.

Skala Utama = ….. cm

Skala Nonius = …. cm +

                          ….. cm

b. 


Skala Utama = ….. cm

Skala Nonius = …. cm +

                          ….. cm


4.     
Tentukan hasil pengukuran micrometer sekrup di bawah ini!

a. 


Skala Utama = ….. mm

Skala Nonius = …. mm +

                          ….. mm

b. 


Skala Utama = ….. mm

Skala Nonius = …. mm +

                          ….. mm

 

0 komentar:

Posting Komentar