RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S. Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Besaran dan Pengukuran/Besaran Pokok dan Besaran
Turunan |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (Pertemuan 1) |
A.
Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa mampu mengelompokkan
besaran ke dalam besaran pokok dan besaran turunan dengan tepat melalui
pemaparan 2.
Siswa mampu mengonversikan satuan
Sistem Internasional pada pengukuran besaran dengan tepat melalui latihan
soal |
B.
Kegiatan
Pembelajaran |
|
Pendahuluan |
a. Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first). b. Scene setting
memberikan link video tentang
pentingnya besaran |
Kegiatan Inti |
a. Siswa
menyimak slide show tentang pendahuluan
IPA b. Siswa
mengaitkan cara berpikir ilmiah dengan manfaat belajar IPA c. Siswa
menyimak slide show tentang besaran
pokok dan besaran turunan serta satuan Sistem Internasional (SI) d. Siswa
mengerjakan latihan soal mengonversi
satuan SI hal. 37-39 |
Penutup |
a.
Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menyampaikan Q.S Al Qomar : 49 c.
Menginformasikan alat ukur yang
perlu digunakan pelajaran selanjutnya |
C.
Penilaian |
||||
Pengetahuan |
||||
1. Mengelompokkan
besaran pokok dan besaran turunan 2. Mengonversikan
besaran |
Tes tertulis |
|||
Sikap |
||||
Kriteria |
5 |
3 |
1 |
|
Mengertakan tuntas latihan soal |
Mengerjakan tuntas 10 soal |
Mengerjakan tidak tuntas 6-5 soal |
Mengerjakan tidak tuntas 1-3 soal |
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu |
Mengumpulkan tepat waktu |
Mengumpulkan tidak tepat waktu kurang dari 20
menit |
Mengumpulkan tidak tepat waktu lebih dari 20 menit |
|
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu
Al-Qudwah Siti Maryam, SP |
Rangkasbitung, Juli 2020 Guru Mapel IPA Terpadu Rasyid Ridho, S.Pd |
|||
LATIHAN SOAL 1
Petunjuk latihan soal:
i.
Latihan soal ini
dapat dilihat pada buku paket IPA Terpadu Erlangga halaman 37
ii.
Kerjakan latihan
soal ini dengan menuliskan jawaban yang benar saja di buku tugasmu kemudian
foto menggunakan handphone dan upload
ke E-learningQu
iii.
Tuliskan nomor
urut soal sesuai dengan yang berada di buku
iv.
Soal-soal yang
dikerjakan pada halaman37-39 adalah sebagai berikut
Bagian A (soal
pilhan ganda): 1, 2, 3, 8, dan 9
Bagian C (soal
uraian): 1, 2, 3, 4, dan 5
A.
Pilihan Ganda
1.
Berikut ini yang
tidak termasuk satuan dalam SI adalah…
a.
Depa
b.
Sekon
c.
Candela
d.
Kelvin
2.
Besaran pokok
berikut ini yang benar adalah…
a.
Luas
b.
Volume
c.
Suhu
d.
Massa jenis
3.
Berikut ini yang
bukan besaran turunan adalah…
a.
Kuat arus
listrik
b.
Berat
c.
Luas
d.
Energi
8.
Setiap hari Arif
berolahraga selama 15 menit. Waktu tersebut jika dinyatakan dalam sekon adalah…
a.
60 sekon
b.
150 sekon
c.
900 sekon
d.
1.200 sekon
9.
Suatu logam
melebur pada suhu 1.250 oC. Jika dinyatakan dalam satuan Kelvin,
logam tersebut melebur pada suhu…
a.
1.253 K
b.
1.352 K
c.
1.523 K
d.
1.532 K
C.
Uraian
1.
Tuliskan tujuh
macam besaran pokok beserta satuannya!
2.
Jelaskan yang
dimaksud dengan besaran pokok dan besaran turunan!
3.
Apakah perbedaan
antara massa dengan berat? Jelaskan jawabanmu!
4.
Tuliskan empat
macam besaran turunan yang kamu ketahui!
5.
Konversikan
hasil pengukuran berikut ke dalam Satuan Internasional!
a.
1.500 km
b.
450 g
c.
120 menit
d.
55oC
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S. Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Besaran dan Pengukuran/Bentuk baku dan Pengukuran |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (Pertemuan 2) |
A.
Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa mampu menerapkan cara mengubah bilangan menjadi bentuk baku
dengan tepat melaului Lembar Kerja 2.
Siswa mampu mengetahui cara
mengukur dengan menggunakan beberapa alat ukur dengan benar melalui Lembar Kerja |
B.
Kegiatan
Pembelajaran |
|
Pendahuluan |
a. Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first). b. Scene setting
memberikan link video tentang cara
pentingnya mengukur |
Kegiatan Inti |
a.
Guru menampilkan slide show
tentang bentuk baku bilangan dan cara membaca hasil pengukuran menggunakan
beberapa alat ukur b.
Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang dibagikan
oleh guru c.
Guru memberikan latihan dari
buku paket jelajah konsep 1.3 untuk mengukur luas kertas halaman 29 |
Penutup |
a.
Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menyampaikan Q.S Furqon :2 c.
Menginformasikan pertemuan
selanjutnya adalah Ulangan Bab 1 |
C.
Penilaian |
||||
Pengetahuan |
||||
1.
Mengubah bilangan menjadi
bentuk baku 2.
Membaca hasil pengukuran dengan
alat ukur |
Tes tertulis |
|||
Keterampilan |
||||
Keterampilan
Kerja |
5 |
3 |
1 |
|
Mengukur dengan menggunakan alat yang sesuai |
Alat ukur sesuai dengan besaran yang diukur |
Alat ukur tepat yang diukur tidak tepat |
Tidak tepat keduanya |
|
Menghitung besaran turunan dengan tepat |
Menggunakan rumus yang tepat dan hasil benar |
Menggunakan rumus tepat hasil salah (atau
sebaliknya) |
Menggunakan rumus dan hasil salah |
|
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu
Al-Qudwah Siti Maryam, SP |
Rangkasbitung, Juli 2020 Guru Mapel IPA Rasyid Ridho, S.Pd |
LEMBAR KERJA
Nama Siswa :
Kelas :
A. Tujuan Pembelajaran |
1.
Menerapkan cara mengubah bilangan menjadi bentuk baku 2.
Mengetahui cara mengukur dengan
menggunakan beberapa alat ukur |
B.
Petunjuk Pengerjaan
1.
Kerjakan pertanyaan di bawah pada buku tulismu jika sudah selesai
difoto dan upload ke E-learningQu
2.
Kerjakan dengan
bersumber dari buku paket Erlangga
C.
Soal-soal
1.
Konversikan
besaran di bawah ini kemudian ubah menjadi bentuk baku
No. |
Besaran Awal |
Konversi |
Bentuk Baku |
Contoh
1 |
10
km |
10.000
m |
1
x 104 m |
Contoh
2 |
523
g |
0,523
kg |
5,23
x 10-1 kg |
a
|
35
kg |
…..
g |
…..
g |
b |
14
m |
.....
mm |
…..
mm |
c |
232
mm |
…..
km |
…..
km |
2.
Arik diminta
ibunya untuk membeli gula di warung. Penjaga warung menimbang gula menggunakan
anak timbangan 1 kg dan 250 g. Tentukanlah:
a.
Alat ukur apa
yang digunakan?
b.
Sebutkan nama
besaran, nilai besaran yang diukur, dan satuannya!
3.
Tentukan hasil
pengukuran jangka sorong di bawah ini!
a. Skala Utama
= ….. cm Skala Nonius
= …. cm + ….. cm |
b. Skala Utama
= ….. cm Skala Nonius
= …. cm + ….. cm |
4.
Tentukan hasil
pengukuran micrometer sekrup di bawah ini!
a. Skala Utama
= ….. mm Skala Nonius
= …. mm + ….. mm |
b. Skala Utama
= ….. mm Skala Nonius
= …. mm + ….. mm |
0 komentar:
Posting Komentar