RPP ini didesain untuk 3 kali pertemuan PJJ atrau Daring. RPP ini hanya contoh, silakan digunakan. Selamat Mengajar Bapak/Ibu Guru Semua~
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S. Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Zat, Wujud Zat, dan Perubahannya/ Wujud, Sifat,
dan Perubahan Zat |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (Pertemuan 1) |
A.
Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa mampu menjelaskan sifat
zat dengan benar melalui pemaparan guru 2.
Siswa mampu menjelaskan
perubahan zat dengan benar melalui pemaparan guru dan Lembar Kerja |
B.
Kegiatan
Pembelajaran |
|
Pendahuluan |
a. Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first). b. Scene setting
memberikan pertanyaan tentang minyak wangi spray |
Kegiatan Inti |
a. Siswa
menyimak pemaparan tentang wujud,
sifat, dan perubahan zat b. Siswa
diberi kesempatan dalam sesi tanya jawab c.
Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang diisi berdasarkan sumber belajar buku paket erlangga |
Penutup |
a.
Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menyampaikan Q.S Ar Ruum : 48
tentang evaporasi pembentukan hujan c.
Menginformasikan rencana materi
pertemuan selanjutnya membawa 1 sedotan
kecil dan besar,
2 gelas, 2
gelas air, dan 1 sendok minyak goreng. |
C.
Penilaian |
||
Pengetahuan |
||
1. Menjelaskan
sifat zat 2. Menjelaskan
perubahan zat |
Tes tertulis |
|
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu
Al-Qudwah Siti Maryam, SP |
Rangkasbitung, Juli 2020 Guru Mapel IPA Rasyid Ridho, S.Pd |
|
LEMBAR
KERJA I
Nama :
Kelas :
A.
Petunjuk
1.
Kerjakan pertanyaan di bawah pada buku atau kertas milikmu jika sudah
selesai difoto dan upload ke E-learningQu. Kerjakan hanya jawabannya saja tidak perlu ditulis
pertanyaannya.
2.
Kerjakan dengan
bersumber dari buku paket Erlangga
B.
Soal-soal
1. Amatilah
gambar balon di bawah ini!
Jelaskanlah
maksud gambar di atas berkaitan dengan pengertian zat atau materi!
2. Bacalah
ilustrasi di bwah ini dengan cermat! Terdapat pada buku paket IPA Erlangga
Jelajah Konsep 3.2 halaman 85.
a. Kelereng
merupakan zat padat. Kelereng diletakkan di atas meja, kemudian dipindahkan ke
dalam piring. Apakah volume kelereng berubah?
b. Air
dituangkan ke dalam gelas kemudian air dalam gelas tersebut dipindahkan ke
dalam piring. Bagaimana bentuk air ketika dalam gelas dan piring? Apakah
volumenya berubah?
c. Balon
ditiup dengan 4 kali tiupan kemudian diikat. Dilakukan hal yang sama ke kantung plastik. Apakah bentuk
dan volume udara dalam balon dan kantung plastik sama?
Catat
jawabanmu berdasarkan hasil ilustrasi di atas pada tabel di bawah!
Jenis Zat |
Sifat Zat |
|
Bentuk |
Volume |
|
Zat padat |
|
|
Zar cair |
|
|
Udara (gas) |
|
|
3. Lengkapilah tabel di bawah ini! Terdapat pada buku paket
IPA Erlangga Jelajah Konsep 3.4 halaman 90.
No |
Peristiwa |
Perubahan wujud
yang terjadi |
Nama perubahan
wujud |
1. |
Es dipanaskan |
Es menjadi air (Zat padat
menjadi zat cair) |
|
2. |
Air dipanaskan |
|
|
3. |
Uap air
didinginkan |
|
|
4. |
Lilin dibakar |
|
|
5. |
Lilin cair
didinginkan |
|
|
4.
Termasuk perubahan fisis ataukah kimia
peristiwa berikut?
No |
Peristiwa |
Jenis perubahan zat |
Penyebab perubahan |
1. |
Nasi menjadi basi |
Kimia |
Jamur dan bakteri |
2. |
Kertas dibakar |
|
|
3. |
Kapur barus menyublim |
|
|
4. |
Pemasakan buah |
|
|
5. |
Awan menjadi air hujan |
|
|
6 |
Besi berkarat |
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S. Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Zat, Wujud Zat, dan Perubahannya/Adhesi Kohesi, Kapilaritas, Massa Jenis |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (Pertemuan 2) |
A.
Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa mampu membedakan adhesi
dan kohesi dengan tepat melalui pemaparan guru dan eksperimen mandiri 2.
Siswa mampu mengaitkan
peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari dengan benar melalui eksperimen
mandiri 3.
Siswa mampu menjelaskan konsep
massa jenis dengan baik melalui pemaparan guru dan Lembar Kerja |
B.
Kegiatan
Pembelajaran |
|
Pendahuluan |
a. Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first). b. Scene setting
memberikan pertanyaan “mengapa saat musim hujan tembok dalam rumah ikut basah?
Dan mengapa kita menggunakan tinta untuk menulis di kertas?” |
Kegiatan Inti |
a. Siswa
menyimak pemaparan guru tentang adhesi kohesi, kapilaritas, dan
massa jenis b. Siswa
diberi kesempatan untuk melakukan eksperimen mandiri menggunakan 1 sedotan kecil dan besar, 2 gelas, 2 gelas air, dan 1 sendok minyak
goreng. c.
Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang diisi berdasarkan eksperimen
mandiri dan sumber belajar buku paket erlangga |
Penutup |
a.
Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menyampaikan Q.S Al Furqon: 48
tentang air yang menyerap ke tanah c.
Menginformasikan rencana materi
pertemuan selanjutnya |
C.
Penilaian |
||||
Pengetahuan |
||||
1.
Membedakan adhsi dan kohesi 2. Mengaitkan
peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari 3. Menjelaskan
konsep massa jenis |
||||
Keterampilan |
||||
Keterampilan
Kerja |
5 |
3 |
1 |
|
Kelengkapan alat
dan bahan |
Alat dan bahan lengkap |
Alat dan bahan
hanya 3 yang ada |
Alat dan bahan
kurang dari 2 |
|
Penyajian hasil
eksperimen mandiri |
Penyajian lengkap
dan tepat |
|
|
|
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu
Al-Qudwah Siti Maryam, SP |
Rangkasbitung, Juli 2020 Guru Mapel IPA Rasyid Ridho, S.Pd |
|||
LEMBAR
KERJA II
Nama :
Kelas :
A.
Petunjuk
1.
Sebelum menjawab pertanyaan, lakukanlah eksperimen
mandiri berdasarkan petunjuk di bawah ini.
2.
Kerjakan
pertanyaan di bawah pada buku atau kertas milikmu jika sudah
selesai difoto dan upload ke E-learningQu.
3.
Kerjakan dengan
bersumber dari buku paket Erlangga
B.
Eksperimen
1.
Adhesi dan Kohesi
i.
Air
dimasukkan ke dalam gelas. Perhatikan permukaan air tersebut. Gambarkanlah
bentuknya gelas dan permukaan air? Meniskus apa yang terjadi?
ii. Hal ini terjadi karena gaya tarik-menarik antar partikel
air lebih ..... daripada gaya tarik-menarik antar air dengan kaca gelas. Gaya
tarik-menarik antar partikel sejenis disebut .... sedangkan gaya tarik-menarik
antar partikel berbeda jenis disebut .... .
iii. Gambarkan keadaan gelas dan air ketika dicampur dengan
minyak goreng!
iv. Kamu dapat melihat bahwa air dan minyak goreng tidak
bersatu. Hal ini ter jadi karena gaya tarik-menarik antar partikel minyak lebih
.... daripada gaya tarik-menarik antar partikel air dengan minyak goreng
v. Bentuk meniskus apa yang terjadi pada permukaan minyak
goreng?
2.
Kapilaritas
i.
Air
dituangkan ke dalam gelas. Gambarkan keadaan air ketika sedotan dimasukkan juga
ke dalamnya!
ii. Bagaimana tinggi permukaan air dalam gelas dan sedotan tersebut? Mengapa demikian?
3.
Massa Jenis
i.
Jika
minyak goreng dituangkan ke air maka akan berada di lapisan paling atas. Apa
yang menyebabkan hal tersebut? Kaitkan dengan massa jenis kedua zat tersebut!
ii. Kerjakan soal massa jenis ini!
Sepotong pelat aluminium bermassa 135 gram akan diukur
massa jenisnya. Jika volume pelat aluminium tersebut 50 cm3
berapakah massa jenis aluminium itu yang dinyatakan dalam satuan kg/m3?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S. Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Zat, Wujud Zat, dan Perubahannya/Unsur, Senyawa, Campuran |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (Pertemuan 3) |
A.
Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa mampu menjelaskan konsep unsur, senyawa, dan campuran
dengan tepat melalui pemutaran slide
show 2.
Siswa mampu membedakan asam dan basa
menggunakan
konsep kertas lakmus dengan tepat melalui pemutaran slide show dan Lembar Kerja |
B.
Kegiatan
Pembelajaran |
|
Pendahuluan |
a. Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first). b. Scene setting
memberikan pertanyaan
“Kalian tau emas yang ada di atas Monas? Apakah itu emas murni atau tidak?
Bagaimana bentuk emas pada saat ditemukan di alam?” |
Kegiatan Inti |
a. Siswa
menyimak slide show tentang konsep
unsur, senyawa, campuran dan asam-basa b. Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya c.
Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang diisi berdasarkan sumber belajar buku paket erlangga dan berbagai sumber
lainnya |
Penutup |
a.
Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menyampaikan Q.S Al Hadid : 25
tentang unsur besi c.
Menginformasikan pertemuan
selanjutnya adalah
Ulangan BAB 3 |
C.
Penilaian |
||
Pengetahuan |
||
1.
Menjelaskan konsep unsur, senyawa, dan campuran 2.
Membedakan asam dan basa menggunakan konsep kertas lakmus |
Tes tertulis |
|
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu
Al-Qudwah Siti Maryam, SP |
Rangkasbitung, Juli 2020 Guru Mapel IPA Rasyid Ridho, S.Pd |
|
LEMBAR
KERJA III
Nama :
Kelas :
A.
Petunjuk
1.
Kerjakan pertanyaan di bawah pada buku atau kertas milikmu jika sudah
selesai difoto dan upload ke E-learningQu. Kerjakan hanya jawabannya saja tidak perlu ditulis
pertanyaannya.
2.
Kerjakan dengan
bersumber dari buku paket Erlangga dan berbagai sumber lainnya
B.
Soal-soal
1. Lengkapilah tabel berikut!
No. |
Nama Indonesia |
Nama Latin |
Lambang Unsur |
1. |
Besi |
|
|
2. |
Hidrogen |
|
|
3. |
Oksigen |
|
|
4. |
Perak |
|
|
5. |
Emas |
|
|
6. |
|
|
Cd |
7. |
|
|
Br |
8. |
|
|
Hg |
9. |
|
|
Pb |
10. |
|
|
N |
2. Carilah informasi dari berbagai mengenai larutan berikut!
Tabel dapat dilihat pada buku paket Erlangga halaman 128.
No |
Larutan |
Perubahan warna |
Larutan bersifat |
|||
Lakmus Merah |
Lakmus Biru |
Asam |
Basa |
Netral |
||
1. |
Air murni |
merah |
biru |
|
|
ü |
2. |
Larutan cuka |
|
|
|
|
|
3. |
Air kapur |
|
|
|
ü |
|
4. |
Air sabun |
|
|
|
|
|
5. |
Larutan garam
dapur |
|
|
|
|
|
6. |
Air jeruk |
|
|
|
|
|
7. |
Asam Klorida
(HCl) |
|
|
|
|
|
8. |
Natrium
Hidroksida (NaOH) |
|
|
|
|
|
9. |
Asam Sulfat (H2SO4) |
|
|
ü |
|
|
0 komentar:
Posting Komentar