RPP ini didesain dalam 3 kali pertemuan daring.
PERTEMUAN 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S. Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Suhu Pemuaian dan
Kalor/ Suhu |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (Pertemuan 1) |
A.
Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa mampu mengonversikan skala termometer celcius ke skala
termometer lain dengan benar melalui Lembar Kerja 2.
Siswa mampu menjelaskan jenis termometer dan keuntungannya dengan tepat
melalui Lembar Kerja 3.
Siswa mampu menjelaskan mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia
dan hewan dengan benar melalui pemaparan guru |
B.
Kegiatan
Pembelajaran |
|
Pendahuluan |
a. Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first). b. Scene setting
memberikan link video tentang
penguin yang bisa bertahan hidup di kutub selatan |
Kegiatan Inti |
a. Siswa
menyimak pemaparan guru tentang suhu, termometer, dan mekanisme pengaturan suhu manusia dan
hewan b. Siswa
diberi kesempatan dalam sesi tanya jawab c.
Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang diisi berdasarkan sumber belajar buku paket erlangga |
Penutup |
a.
Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menyampaikan Q.S Al Anbiya : 69 tentang api yang menjadi dingin ketika membakar Nabi
Ibrahim c.
Menginformasikan rencana materi
pertemuan selanjutnya |
C.
Penilaian |
||
Pengetahuan |
||
1. Mengonversikan skala termometer celcius ke skala
termometer lain 2. Menjelaskan
jenis termometer
dan keuntungannya 3. Menjelaskan mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh
pada manusia dan hewan |
Tes tertulis |
|
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu
Al-Qudwah Siti Maryam, SP |
Rangkasbitung, Juli 2020 Guru Mapel IPA Rasyid Ridho, S.Pd |
|
LEMBAR
KERJA I
Nama :
Kelas :
A.
Petunjuk
1.
Kerjakan pertanyaan di bawah pada buku atau kertas milikmu jika sudah
selesai difoto dan upload ke E-learningQu. Kerjakan hanya jawabannya saja tidak perlu ditulis
pertanyaannya.
2.
Kerjakan dengan
bersumber dari buku paket Erlangga
B.
Soal-soal
1. Lengkapilah bagian-bagian dari termometer berikut!
a ………. b ………. |
c ………. d ………. |
2. Jelaskanlah
jenis-jenis thermometer berikut!
a |
b |
c |
3. Pada
laboratorium kerap menggunakan termometer dengan zat cair
sebagai bahannya. Jelaskan apa saja yang dapat digunakan dan apa keuntungan
serta kerugiannya?
4. Konversikanlah skala suhu berikut!
a. 80oC = .... oR
b. 45oC = .... oF
c. 286 K = .... oC
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S. Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Suhu Pemuaian dan
Kalor/Pemuaian |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (Pertemuan 2) |
A.
Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa mampu menjelaskan konsep pemuaian dengan
benar melalui Lembar
Kerja 2.
Siswa mampu menghitung pertambahan zat akibat pemuaian dengan tepat
melalui Lembar Kerja |
B.
Kegiatan
Pembelajaran |
|
Pendahuluan |
a. Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first). b. Scene setting
memberikan pertanyaan
“Mengapa raksa pada termometer bisa bergerak menunjukkan suhu
tertentu?” |
Kegiatan Inti |
a. Siswa
menyimak pemaparan guru tentang
konsep pemuaian b. Siswa
diberi kesempatan dalam sesi tanya jawab c.
Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang diisi berdasarkan sumber belajar buku paket erlangga |
Penutup |
a.
Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menyampaikan Q.S Adzdzariat : 47 tentang pemuaian/perluasan langit c.
Menginformasikan rencana materi
pertemuan selanjutnya |
C.
Penilaian |
||
Pengetahuan |
||
1. Menjelaskan konsep pemuaian 2. Menghitung pertambahan zat akibat pemuaian |
Tes tertulis |
|
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah Siti Maryam, SP |
Rangkasbitung, Juli 2020 Guru Mapel IPA Rasyid Ridho, S.Pd |
|
LEMBAR
KERJA II
Nama :
Kelas :
A.
Petunjuk
1.
Kerjakan pertanyaan di bawah pada buku atau kertas milikmu jika sudah
selesai difoto dan upload ke E-learningQu. Kerjakan hanya jawabannya saja tidak perlu ditulis
pertanyaannya.
2.
Kerjakan dengan
bersumber dari buku paket Erlangga
B.
Soal-soal
1. Apa yang dimaksud dengan pemuaian?
2. Kuningan panjang mula-mula 100 cm dengan koefisiesn muai
panjang 0,000019/oC dipanaskan dari suhu 10oC sampai 110oC
akan bertambah panjang sebesar .... cm. Kerjakan dengan menggunakan caranya.
Lihat halaman 163
3.
Pada
suhu 15 oC panjang kawat adalah 70 m, jika koefisien muai panjangnya
0,00001/ oC dan suhunya dipanaskan menjadi 70 oC,
berapakah:
a.
Total
panjang kawat setelah dipanaskan (L2)
b.
Pertambahan
panjang kawat (∆L)
4.
Gambar berikut merupakan salah satu
contoh keping bimetal.
Apakah yang dimaksud dengan keping bimetal?
Jelaskan cara kerja dari termostat bimetal pada setrika listrik!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S. Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Suhu Pemuaian dan
Kalor/Kalor |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (Pertemuan 3) |
A.
Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa mampu menjelaskan konsep kalor
terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud zat dengan benar melalui Lembar Kerja 2.
Siswa mampu menjelaskan konsep
perpindahan kalor dan pemandaatannya dalam kehidupan dengan tepat melalui
Lembar Kerja |
B.
Kegiatan
Pembelajaran |
|
Pendahuluan |
a. Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first). b. Scene setting
memberikan
pertanyaan “Bagaimana kamu membuat air panas
menjadi hangat?” |
Kegiatan Inti |
a. Siswa
menyimak pemaparan guru tentang
konsep pemuaian b. Siswa
diberi kesempatan dalam sesi tanya jawab c.
Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang diisi berdasarkan sumber belajar buku paket erlangga |
Penutup |
a.
Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menyampaikan Q.S Yunus : 5 tentang matahari memancarkan radiasi kalor c.
Menginformasikan rencana materi
pertemuan selanjutnya |
C.
Penilaian |
||
Pengetahuan |
||
1.
Menjelaskan konsep kalor terhadap perubahan suhu
dan perubahan wujud zat 2.
Menjelaskan konsep perpindahan
kalor dan pemandaatannya dalam kehidupan |
Tes tertulis |
|
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu
Al-Qudwah Siti Maryam, SP |
Rangkasbitung, Juli 2020 Guru Mapel IPA Rasyid Ridho, S.Pd |
|
LEMBAR
KERJA III
Nama :
Kelas :
A.
Petunjuk
1.
Kerjakan pertanyaan di bawah pada buku atau kertas milikmu jika sudah
selesai difoto dan upload ke E-learningQu. Kerjakan hanya jawabannya saja tidak perlu ditulis
pertanyaannya.
2.
Kerjakan dengan
bersumber dari buku paket Erlangga
B.
Soal-soal
1. Minyak
tanah bermassa 500 g dipanaskan hingga
suhunya naik 100 oC. Jika kalor jenis minyak tanah 2,2 X 103 J/kg
oC, hitung banyaknya kalor yang diperlukan untuk memanaskan
minyak tanah tersebut!
2. Berapa jumlah kalor yang harus diberikan pada 0,2 kg es
yang suhunya naik dari -5 oC menjadi 50 oC? (kalor jenis es = 2.100 J/kg, kalor lebur es = 336.000
J/kg, kalor jenis air 4.200 J/kg oC)
3. Perhatikan gambar berikut!
Jelaskan peristiwa gambar di atas berkaitan dengan
perpindahan kalor!
0 komentar:
Posting Komentar