RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S. Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Energi/Bentuk dan Sumber Energi |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (Pertemuan 1) |
A. Tujuan Pembelajaran |
1.
Siswa mampu menjelaskan konsep
dan sumber-sumber energi dengan benar melalui Lembar Kerja 2.
Siswa mampu menghitung usaha, energi kinetik, dan energi potensial dengan
tepat melalui Lembar Kerja |
B.
Kegiatan
Pembelajaran |
|
Pendahuluan |
a. Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first). b. Scene setting
memberikan link video sepak bola yang terdapat energi |
Kegiatan Inti |
a. Siswa
menyimak pemaparan guru tentang konsep dan sumber-sumber energi b. Siswa
diberi kesempatan dalam sesi tanya jawab c.
Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang diisi berdasarkan sumber belajar buku paket erlangga |
Penutup |
a.
Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menyampaikan Q.S Al A’raf : 107 c.
Menginformasikan rencana materi
pertemuan selanjutnya |
C.
Penilaian |
||
Pengetahuan |
||
1.
Menjelaskan konsep dan sumber-sumber
energi 2. Menghitung usaha, energi kinetik, dan energi potensial |
Tes tertulis |
|
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu
Al-Qudwah Siti Maryam, SP |
Rangkasbitung, Juli 2020 Guru Mapel IPA Rasyid Ridho, S.Pd |
|
Nama :
Kelas :
A.
Petunjuk
1.
Kerjakan pertanyaan di bawah pada buku atau kertas milikmu jika sudah
selesai difoto dan upload ke E-learningQu. Kerjakan hanya jawabannya saja tidak perlu ditulis
pertanyaannya.
2.
Kerjakan dengan
bersumber dari buku paket Erlangga
B.
Soal-soal
1. Jelaskan perubahan energi yang terjadi pada gambar di
bawah!
Arah Energi |
|
2. Perhatikan gambar berikut!
|
Jika percepatan gravitasi 10 m/s2, berapakah energi potensial dari kelapa tersebut? |
3. Seorang
anak mengendarai sepeda dengan kecepatan 15 m/s. Jika massa anak dan sepeda itu
sebesar 10 kg maka energy kinetiknya sebesar…
4. Jelaskan masing-masing 3 contoh sumber energi yang tidak dapat diperbarui dan yang dapat diperbarui
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S. Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Energi/Transformasi Energi pada Makhluk Hidup |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (Pertemuan 2) |
A.
Tujuan
Pembelajaran |
1.
Siswa mampu menjelaskan pengertian metabolisme
dengan benar melalui Lembar
Kerja 2.
Siswa mampu menjelaskan proses fotosintesis dan respirasi sel dengan
tepat melalui Lembar Kerja |
B.
Kegiatan
Pembelajaran |
|
Pendahuluan |
a. Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first). b. Scene setting
memberikan link video sepak bola yang terdapat energi |
Kegiatan Inti |
a. Siswa
menyimak pemaparan guru tentang konsep dan sumber-sumber energi b. Siswa
diberi kesempatan dalam sesi tanya jawab c.
Siswa mengerjakan Lembar Kerja yang diisi berdasarkan sumber belajar buku paket erlangga |
Penutup |
a.
Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menyampaikan Q.S Al An’am : 99 c.
Menginformasikan rencana materi
pertemuan selanjutnya untuk menyiapkan stopwatch |
C.
Penilaian |
||
Pengetahuan |
||
1.
Menjelaskan pengertian metabolisme 2.
Menjelaskan proses fotosintesis dan respirasi sel |
Tes tertulis |
|
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu
Al-Qudwah Siti Maryam, SP |
Rangkasbitung, Juli 2020 Guru Mapel IPA Rasyid Ridho, S.Pd |
0 komentar:
Posting Komentar