RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S.Pd |
Sekolah |
: |
SMP Negeri 8
Rangkasbitung |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil
2022-2023 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA |
Materi/Topik |
: |
Pewarisan Sifat
pada Makhluk Hidup |
Alokasi Waktu |
: |
15JP
@ 2 x 40 menit |
A.
KI, KD, IPK, Tujuan
Pembelajaran |
|||
3 |
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata |
4 |
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
3.3 |
Menerapkan konsep
pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup. |
4.3 |
Menyajikan hasil
penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan
hasil pemuliaan. |
1.
Mengidentifikasi
struktur molekul DNA 2.
Mendeskripsikan
struktur materi genetik yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (DNA,
RNA, dan kromosom) 3.
Menjelaskan
peranan materi genetik dalam penentuan sifat 4.
Menentukan
hasil persilangan monohibrida dan dihibrida melalui diagram sesuai hukum
pewarisan sifat 5.
Menerapkan
hukum Mendel pada pewarisan sifat makhluk hidup 6.
Mengidentifikasi
pewarisan sifat yang ada pada manusia 7.
Mengidentifikasi
karakteristik anggota keluarga untuk menemukan hukum pewarisan sifat 8.
Membandingkan
kromosom tubuh orang laki-laki, orang perempuan, dan sel kelamin 9.
Menganalisis
mekanisme pewarisan kelainan sifat pada manusia |
|||
1.
Siswa
mampu mengidentifikasi dengan tepat struktur molekul DNA melalui studi literature
dan tanya jawab 2.
Siswa
mampu mendeskripsikan struktur materi genetik yang bertanggung jawab dalam
pewarisan sifat (DNA, RNA, dan kromosom) dengan tepat melalui studi literatur 3.
Siswa
mampu menjelaskan peranan materi genetik dalam penentuan sifat dengan benar
melalui studi literartur 4.
Siswa
mampu menentukan hasil persilangan monohibrida dan dihibrida melalui diagram
sesuai hukum pewarisan sifat dengan tepat melalui diskusi kelas 5.
Siswa
mampu menerapkan hukum Mendel pada pewarisan sifat makhluk hidup dengan tepat
melalui diskusi kelas dan latihan soal 6.
Siswa
mampu mengidentifikasi pewarisan sifat yang ada pada manusia dengan tepat
melalui diskusi kelas 7.
Siswa
mampu mengidentifikasi karakteristik anggota keluarga untuk menemukan hukum
pewarisan sifat dengan tepat melalui diskusi kelas 8.
Siswa
mampu membandingkan kromosom tubuh
orang laki-laki, orang perempuan, dan sel kelamin dengan tepat melalui studi
literatur 9.
Siswa
mampu menganalisis mekanisme pewarisan kelainan sifat pada manusia dengan
benar melalui diskusi kelas |
B. Model Pembelajaran |
|||
1. |
Pendekatan |
: |
Saintifik |
2. |
Metode |
: |
Ceramah, diskusi kelas,
praktikum |
3. |
Model |
: |
Tanya-jawab,
discovery learning |
C. Sumber Pembelajaran |
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam
untuk SMP/MTS Kelas IX Semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2017. Buku Guru Ilmu
Pengetahuan Alam untuk SMP/MTS Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. |
D. Media Pembelajaran |
|
Media/Alat/Bahan |
|
1.
Laptop 2.
Power point slide
show 3.
Lembar
soal-soal |
4. Kancing genetika 5. Buku paket |
E. Kegiatan Pembelajaran |
|
Pertemuan
1 |
|
Pendahuluan |
a.
Orientasi
(salam pembuka, berdoa, memeriksa presensi awal) b.
Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan “Tahukah kamu tentang tes DNA? Untuk apa seseorang
melakukan tes DNA?” c.
Motivasi:
memberi gambaran manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan
pembelajaran, menyampaikan aspek yang dinilai, dan menyampaikan kegiatan yang
dilakukan pada pertemuan ini |
Kegiatan Inti |
a. Perwakilan siswa diminta untuk
ke depan untuk melihat perbedaan fisik perempuan dan laki-laki b. Guru bertanya, “apa yang
membuat kedua temanmu ini berbeda?” c. Guru menjelaskan konsep DNA dan
RNA; letak DNA RNA, struktur kimia DNA RNA, dan tabel perbedaan DNA RNA. d. Siswa mempelajari materi
genetik yaitu struktur DNA dan RNA melalui kegiatan tanya-jawab. e. Siswa diarahkan untuk
mengerjakan Aktivitas 3.1 halaman 126 f. Beberapa siswa mempresentasikan
hasil Aktivitas 3.1 |
Penutup |
a.
Guru
dan siswa melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari |
Pertemuan 2 |
|
Pendahuluan |
a.
Salam
dan berdoa b.
Apersepsi:
“Mengapa
sifat-sifat tertentu saja yang bakal keluar dari perpaduan ayah-ibu kalian?” c.
Motivasi:
memberi gambaran manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan
pembelajaran, menyampaikan aspek yang dinilai dan menyampaikan kegiatan yang
dilakukan pada pertemuan ini |
Kegiatan Inti |
a. Guru bertanya kepada siswa
sifat-sifat apa saja yang sama dengan ayah atau ibu mereka b. Guru menjelaskan bahwa adanya
sifat yang lebih dominan sehingga hanya sifat-sifat tertentu yang keluar dan terekspresikan c. Siswa mendengarkan penjelasan
mengenai istilah-istilah dalam genetika d. Siswa menganalisis perbedaan
kromosom pada Aktivitas 3.2 halaman 130 e. Siswa dijelaskan mengenai
pembentukan kode gamet pada saat perkawinan f. Siswa diberikan tugas mengenai
pembentukan kode gamet pada pewarisan sifat |
Penutup |
a.
Siswa
dan guru melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari |
Pertemuan
3 |
|
Pendahuluan |
a.
Salam
dan berdoa b.
Apersepsi:
“Bagaimana
sifat-sifat yang diwariskan dari induk bisa muncul kepada keturunannya?” c. Motivasi: memberi gambaran
manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan pembelajaran,
menyampaikan aspek yang dinilai dan menyampaikan kegiatan yang dilakukan pada
pertemuan ini |
Kegiatan Inti |
a. Guru menjelaskan sejarah/awal
mula ilmu yang mengkaji pewarisan sifat oleh Mendel dan Hukum Mendel I b. Siswa mendengarkan penjelasan
mengenai persilangan monohibrida melalui gambar 3.12. Monohibrida dominan
penuh dan intermediet c. Guru menjelaskan beberapa
contoh persilangan monihibrida d. Siswa berlatih menerapkan soal-soal
monohibrida e. Siswa diberikan tugas
mengerjakan soal-soal pewarisan sifat monohibrida |
Penutup |
a. Menginformasikan pertemuan
selanjutnya |
Pertemuan
4 |
|
Pendahuluan |
a.
Salam
dan berdoa b.
Apersepsi:
“Sifat yang diturunkan oleh induk tidak cuma 1, melainkan banyak” c.
Motivasi:
memberi gambaran manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan
pembelajaran, menyampaikan aspek yang dinilai dan menyampaikan kegiatan yang
dilakukan pada pertemuan ini |
Kegiatan Inti |
a. Siswa secara bersama-sama
membahas soal-soal pada tugas pertemuan sebelumnya b. Siswa diberikan penjelasan
mengenai konsep Hukum Mendel II dan pewarisan sifat dihibrida c. Guru menjelaskan contoh
peristiwa pewarisan sifat dihibrida d. Siswa mencoba mengerjakan
soal-soal pewarisan sifat dihibrida e. Siswa diberikan tugas soal-soal
pewarisan sifat dihibrida |
Penutup |
a. Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b. Menginformasikan pertemuan
selanjutnya |
Pertemuan
5 |
|
Pendahuluan |
a.
Salam
dan berdoa b.
Apersepsi:
“Sifat yang diturunkan oleh induk tidak sama atau ada kelainan yang
diturunkan secara genetik.” c.
Motivasi:
memberi gambaran manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan
pembelajaran, menyampaikan aspek yang dinilai dan menyampaikan kegiatan yang dilakukan
pada pertemuan ini |
Kegiatan Inti |
a. Siswa secara bersama-sama
membahas soal-soal pada tugas pertemuan sebelumnya b. Siswa diberikan penjelasan
mengenai konsep pewarisan sifat pada manusia yang mengalami kelainan, konsep
gamet normal, pembawa sifat, dll c. Siswa mencoba mengerjakan latihan
soal-soal pewarisan sifat pada manusia yang mengalami kelainan d. Siswa diberikan tugas soal-soal
pewarisan sifat pada manusia yang mengalami kelainan |
Penutup |
a. Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b. Menginformasikan pertemuan
selanjutnya adalah penilaian harian |
F. |
Remedial
dan Pengayaan |
Remedial |
|
1. |
Menjelaskan kembali mengenai pembentukan
gamet, persilangan monohibrida, dan dihibrida |
Pengayaan |
|
1. |
Menentukan golongan
darah berdasarkan orangtuanya |
G. |
Teknik dan
Instrumen Penilaian |
|
Pengetahuan |
||
1. Pengetahuan |
Tes tertulis |
|
Sikap |
||
1.
Jurnal
observasi 2.
Penilaian
diri |
Non Tes |
|
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Rangkasbitung H. Edi Junaedi, S.Pd NIP.
- |
Rangkasbitung,
Juli 2022
Rasyid Ridho, S.Pd NIP.
- |
0 komentar:
Posting Komentar