RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S.Pd |
Sekolah |
: |
SMP Negeri 8
Rangkasbitung |
Kelas/Semester |
: |
IX/Ganjil
2022-2023 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA |
Materi/Topik |
: |
Listrik Statis
dalam Kehidupan Sehari-hari |
Alokasi Waktu |
: |
14JP
@ 2 x 40 menit |
A.
KI, KD, IPK, Tujuan
Pembelajaran |
|||
3 |
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata |
4 |
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori |
3.4 |
Menjelaskan
konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari |
4.4 |
Menyajikan hasil
pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari. |
1.
Menganalisis
peristiwa yang terjadi pada penggaris plastik yang digosokkan pada rambut
yang kering 2.
Mengidentifikasi
jenis-jenis muatan listrik 3.
Menjelaskan
interaksi dua muatan listrik 4.
Menjelaskan
faktor-faktor yang memengaruhi besar gaya Coulomb dua muatan listrik 5.
Menghitung
besarnya gaya Coulomb dua muatan listrik 6.
Menganalisis
interaksi dua benda bermuatan karena pengaruh jarak 7.
Menghitung
besar medan listrik 8.
Membedakan
jenis rangkaian listrik terbuka dan rangkaian listrik tertutup 9.
Mengidentifikasi
bagian sel saraf 10. Menyebutkan zat kimia yang
berfungsi menghantarkan rangsangan listrik 11. Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis pada
mesin fotokopi |
|||
1. Siswa mampu menganalisis
peristiwa yang terjadi pada penggaris plastik yang digosokkan pada rambut
yang kering dengan
tepat 2. Siswa mampu mengidentifikasi
jenis-jenis muatan listrik
melalui studi pustaka dengan tepat 3. Siswa mampu menjelaskan
interaksi dua muatan listrik
melalui studi pustaka dengan tepat 4. Siswa mampu menjelaskan
faktor-faktor yang memengaruhi besar gaya Coulomb dua muatan listrik melalui studi pustaka dengan
tepat 5. Siswa mampu menghitung
besarnya gaya Coulomb dua muatan listrik
melalui latihan soal dengan tepat 6. Siswa mampu menganalisis
interaksi dua benda bermuatan karena pengaruh jarak melalui latihan soal dengan
tepat 7. Siswa mampu menghitung
besar medan listrik
melalui latihan soal dengan tepat 8. Siswa mampu membedakan
jenis rangkaian listrik terbuka dan rangkaian listrik tertutup melalui pengamatan gambar
dengan tepat 9. Siswa mampu mengidentifikasi
bagian sel saraf
dengan tepat melalui studi pustaka dengan tepat 10. Siswa mampu menyebutkan
zat kimia yang berfungsi menghantarkan rangsangan listrik melalui studi pustaka dengan
tepat 11. Siswa mampu menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik
statis pada mesin fotokopi melalui praktik lapangan dengan baik |
B. Model Pembelajaran |
|||
1. |
Pendekatan |
: |
Saintifik |
2. |
Metode |
: |
Ceramah, diskusi kelas,
latihan soal |
3. |
Model |
: |
Tanya-jawab,
discovery learning |
C. Sumber Pembelajaran |
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam
untuk SMP/MTS Kelas IX Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2017. Buku Guru Ilmu
Pengetahuan Alam untuk SMP/MTS Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. |
D. Media Pembelajaran |
Media/Alat/Bahan |
1.
Laptop 2.
Power point slide
show 3.
Lembar
kerja |
E. Kegiatan Pembelajaran |
|
Pertemuan
1 |
|
Pendahuluan |
a.
Salam
dan berdoa b.
Motivasi:
memberi gambaran manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan
pembelajaran, menyampaikan aspek yang dinilai dan menyampaikan kegiatan yang
dilakukan pada pertemuan ini c.
Apersepsi:
“Apa yang terjadi jika kita tersengat aliran listrik?” |
Kegiatan Inti |
a. Siswa menyimak penjelasan
mengenai muatan listrik suatu benda b. Siswa mengamati gambar model
atom yang memiliki muatan-muatan di dalamnya c. Siswa diorganisasi menjadi
beberapa kelompok d. Setiap kelompok siswa melakukan
percobaan mendeteksi adanya muatan listrik menggunakan alat elektroskop dari
laboratorium e. Setiap kelompok siswa
memaparkan hasil percobaan tersebut |
Penutup |
a. Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b. Menginformasikan rencana materi
pertemuan selanjutnya |
Pertemuan 2 |
|
Pendahuluan |
a.
Salam
dan berdoa b.
Apersepsi:
“Kalian punya penggaris? Coba gosokan penggaris ke rambut dan lihat apa yang
terjadi?” c.
Motivasi:
memberi gambaran manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan
pembelajaran, menyampaikan aspek yang dinilai dan menyampaikan kegiatan yang
dilakukan pada pertemuan ini |
Kegiatan Inti |
a.
Siswa
melakukan percobaan penggaris, rambut, dan serpihan kertas b.
Guru
menerangkan hal-hal yang terjadi pada peristiwa penggaris digosokan c.
Siswa
menyimak materi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Coulomb d.
Siswa
menyimak perumusan gaya Coulomb dan contoh soal e.
Siswa
mengerjakan latihan soal mencari besarnya gaya Coulomb |
Penutup |
a. Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b. Menginformasikan rencana materi
pertemuan selanjutnya |
Pertemuan 3 |
|
Pendahuluan |
a.
Salam
dan berdoa b.
Apersepsi:
“Hasil dari percobaan penggaris yaitu saling tarik-menarik, lalu bagaimana
jika ada yang tolak-menolak?” c.
Motivasi:
memberi gambaran manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan
pembelajaran, menyampaikan aspek yang dinilai dan menyampaikan kegiatan yang
dilakukan pada pertemuan ini |
Kegiatan Inti |
a. Siswa
menyimak penjelasan tentang konsep
medan listrik b. Siswa
menyimak penjelasan tentang perhitungan medan
listrik c. Siswa
mengerjakan latihan soal tentang menghitung medan listrik |
Penutup |
a.
Siswa
dan guru melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari |
Pertemuan
4 |
|
Pendahuluan |
a. Salam dan berdoa b. Apersepsi: “Kalian tentu pernah
melihat petir, tahukah kalian apa itu sebenarnya petir?” c. Motivasi: memberi gambaran
manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan pembelajaran,
menyampaikan aspek yang dinilai dan menyampaikan kegiatan yang dilakukan pada
pertemuan ini |
Kegiatan Inti |
a. Siswa
diberikan konsep
tentang beda potensial dan energi listrik b. Siswa
menyimak penjelasan tentang perhitungan beda
potensial dan energi listrik c. Siswa
mengerjakan latihan soal tentang beda
potensial dan energi listrik |
Penutup |
a. Siswa dan guru melakukan refleksi tentang
materi yang telah dipelajari |
Pertemuan
5 |
|
Pendahuluan |
a. Salam dan berdoa b. Apersepsi: “Apakah di dalam
tubuh kita ada aliran listrik? Apa listrik bermanfaat bagi tubuh kita?” c. Motivasi: memberi gambaran
manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan
aspek yang dinilai dan menyampaikan kegiatan yang dilakukan pada pertemuan
ini |
Kegiatan Inti |
a.
Siswa
diingatkan kembali mengenai ciri makhluk hidup yaitu iritabilitas b.
Siswa
menyimak penjelasan konsep mengenai sel saraf pada manusia c.
Siswa
diminta untuk menggambar sel saraf |
Penutup |
a.
Siswa
dan guru melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Siswa
diberikan informasi mengenai penilaian harian pada pertemuan selanjutnya |
F. |
Remedial
dan Pengayaan |
Remedial |
|
1. |
Menjelaskan
kembali mengenai faktor Gaya Coulomb, mendan magnet, dan beda potensial
listrik |
Pengayaan |
|
1. 2. |
Hewan-hewan yang
mengalirkan listrik Menggambar
garis-garis medan listrik |
G. |
Teknik dan
Instrumen Penilaian |
|
Pengetahuan |
||
1.
Pengetahuan
|
Tes tertulis |
|
Sikap |
||
1.
Jurnal
observasi |
Non Tes |
|
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Rangkasbitung H. Edi Junaedi, S.Pd NIP.
- |
Rangkasbitung, Juli 2022
Rasyid Ridho, S.Pd NIP.
- |
0 komentar:
Posting Komentar