RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Guru |
Sekolah |
: |
SMP |
Kelas/Semester |
: |
VII/Genap 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Ekosistem/Komponen
Ekosistem |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (pertemuan 1) |
A. |
Tujuan Pembelajaran |
1.
Siswa
mampu menjelaskan satuan ekosistem dengan tepat melalui pengamatan lingkungan
sekitar 2.
Siswa
mampu menjelaskan komponen ekosistem dengan teoat melalui pengamatan
lingkungan sekitar |
B. |
Kegiatan Pembelajaran |
Pendahuluan 1.
Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zones, akhlak first) 2.
Scene
setting memperlihatkan kembali organisasi kehidupan tingkat organisme |
|
Kegiatan
Inti 1. Siswa melakukan pengamatan di kebun sekolah 2. Siswa mencatat hasil pengamatan 3. Siswa menyajikan hasil pengamatan melalui LKS dan
presentasi |
|
Penutup 1.
Guru
dan siswa melakukan refleksi materi ini 2.
Menyampaikan
Q.S An-Nur: 45 |
C. |
Penilaian |
||||
Pengetahuan |
|||||
1.
Menjelaskan
satuan ekosisitem 2.
Menjelaskan
komponen ekosistem |
Tes tertulis |
||||
Keterampilan (Laporan
Hasil Pengamatan diskusi dan presentasi) |
|||||
Kriteria |
5 |
3 |
1 |
||
Menggunakan
sumber literature |
Menggunakan
lebih dari 2 buku sebagai sumber literatur |
Menggunakan 1
buku sebagai sumber literatur |
Tidak
menggunakan 1 buku sebagai sumber literatur |
||
Menuliskan
hasil diskusi pada LKS |
Menuliskan
hasil secara jelas dan menjawab pertanyaan |
Menuliskan
hasil secara tidak jelas dan menjawab pertanyaan |
Menuliskan
hasil secara tidak jelas dan tidak menjawab pertanyaan |
||
Bahasa saat
presntasi baku dan jelas |
Menggunakan
bahasa yang baku dan jelas |
Hanya salah
satu (baku/jelas saja) |
Tidak keduanya
(tidak baku dan tidak jelas) |
||
Memberi
tanggapan atau jawaban |
Memberi
tanggapan dan jawaban saat presentasi |
Memberi
tanggapan/jawaban saat presentasi |
Tidak keduanya |
||
Rangkasbitung,
Juli 2020
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah Kepsek, M.Pd |
Guru Mata Pelajaran IPA Guru Mapel, S.Pd |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Guru |
Sekolah |
: |
SMP |
Kelas/Semester |
: |
VII/Genap 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Ekosistem/Pola Interaksi
Makhluk Hidup |
Alokasi Waktu |
: |
2 menit (pertemuan 2) |
A. |
Tujuan Pembelajaran |
1.
Siswa
mampu menjelaskan jenis-jenis interaksi antarmakhluk hidup melalui diskusi
kelompok 2.
Siswa mampu
menyebutkan contoh pola interaksi antarmakhluk hidup melalui diskusi kelompok
|
B. |
Kegiatan Pembelajaran |
Pendahuluan 1.
Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zones, akhlak first) 2.
Scene
setting video tentang ikan hiu dan remora |
|
Kegiatan
Inti 1. Siswa menyimakpemaparan guru mengenai pola interaksi
antarmakhluk hidup 2. Siswa mengerjakan LKS dan pengamatan di kebun
sekolah 3. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi |
|
Penutup 1. Guru dan siswa melakukan refleksi materi ini 2.
Menyampaikan
Q.S Al-Hijr: 20 |
C. |
Penilaian |
|
Pengetahuan |
||
1.
Menjelaskan
jenis-jenis interaksi antarmakhluk hidup 2.
Menyebutkan
contoh pola interaksi antarmakhluk hidup |
Tes tertulis |
|
Rangkasbitung,
Juli 2020
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah Kepsek, M.Pd |
Guru Mata Pelajaran IPA Guru Mapel, S.Pd |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S.Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Genap 2020-2021 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Ekosistem/Rantai dan Jaring-Jaring
Makanan |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 menit (pertemuan 3) |
A. |
Tujuan Pembelajaran |
1.
Siswa
mampu menganalisis rantai makanan pada setiap habitat makhluk hidup dengan
tepat melalui diskusi kelompok 2.
Siswa menganalisis
jaring-jaring makanan dari berbagai rantai makanan dengan tepat melalui
diskusi kelompok |
B. |
Kegiatan Pembelajaran |
Pendahuluan 1.
Apersepsi
(salam, berdoa, alpha zones, akhlak first) 2.
Scene
setting video tentang paus bungkuk berburu plankton |
|
Kegiatan
Inti 1. Siswa menyimakpemaparan guru mengenai rantai dan jaring-jaring
makanan 2. Siswa mengerjakan LKS 3. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi |
|
Penutup 1. Guru dan siswa melakukan refleksi materi ini 2.
Menyampaikan
Q.S Al-Anbiya: 8 |
C. |
Penilaian |
|
Pengetahuan |
||
1.
Menganalisis
rantai makanan pada setiap habitat makhluk hidup 2.
Menganalisis
jaring-jaring makanan dari berbagai rantai makanan |
Tes tertulis |
|
Rangkasbitung,
Juli 2020
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah Kepsek, M.Pd |
Guru Mata Pelajaran IPA Guru Mapel, S.Pd |
0 komentar:
Posting Komentar