RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru |
: |
Rasyid Ridho, S.Pd |
Sekolah |
: |
SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar |
Kelas/Semester |
: |
VII/Ganjil 2021-2022 |
Mata Pelajaran |
: |
IPA Terpadu |
Materi/Topik |
: |
Ruang Lingkup IPA & Besaran dan Pengukuran |
Alokasi Waktu |
: |
6 JP @ 2
x 30
menit |
A.
KI,
KD, IPK, Tujuan Pembelajaran |
|||
3 |
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata |
4 |
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
3.1 |
Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan
satuan standar (baku) |
4.1 |
Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri,
makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan
satuan baku |
1.
Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA 2.
Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA 3.
Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA 4.
Menjelaskan pengertian pengukuran 5. Membandingkan satuan baku dan tak baku 6. Mengkonversi satuan baku dalam pengukuran 7. Melakukan pengukuran dengan satuan
tidak baku 8. Melakukan pengukuran
besaranbesaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari |
|||
1. Siswa
mampu menjelaskan keterampilan proses penyelidikan IPA dengan tepat melalui
diskusi kelas 2. Siswa
mampu menjelaskan kegunaan mempelajari IPA dengan tepat melalui diskusi kelas 3. Siswa
mampu menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA dengan tepat melalui
diskusi kelas 4. Siswa
mampu mengelompokkan besaran ke dalam besaran pokok dan besaran turunan
dengan tepat melalui pemaparan 5. Siswa
mampu mengonversikan satuan Sistem Internasional pada pengukuran besaran
dengan tepat melalui Lembar Kerja 6. Siswa
mampu mengetahui cara mengukur dengan menggunakan beberapa alat ukur dengan
benar melalui Lembar Kerja 7.
Siswa mampu membandingkan
pengukuran menggunakan satuan baku dan satuan tak baku dengan baik melalui praktik kerja mandiri 8. Siswa mampu mengembangkan sikap tanggung jawab,
kejujuran, dan kedisiplinan melalui
pembelajaran daring |
B. Model Pembelajaran |
|||
1. |
Pendekatan |
: |
Saintifik |
2. |
Metode |
: |
Ceramah, praktik kerja mandiri |
3. |
Model |
: |
Tanya-jawab, discovery learning |
C. Sumber Pembelajaran |
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Ilmu
Pengetahuan Alam untuk SMP/MTS Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
Guru Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Tim
Abdi Guru. 2018. IPA Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta:
Erlangga |
D. Media Pembelajaran |
|
Media/Alat/Bahan |
|
1. Laptop 2. Power point slide
show |
3. Penggaris |
E. Kegiatan Pembelajaran |
|
Pertemuan 1 |
|
Pendahuluan |
a. Orientasi:
Salam dan berdoa b. Apersepsi:
Mengajukan pertanyaan “Apa saja yang kamu pelajari saat SD?” Motivasi: Menyampaikan
tujuan dan manfaat topik pembelajaran |
Kegiatan Inti |
a. Melalui
Google Meet siswa menyimak slide show tentang pendahuluan IPA b. Siswa
mengaitkan cara berpikir ilmiah dengan kehidupan sehar-hari c. Siswa
diberi kesempatan memberikan pendapat mengenai manfaat belajar IPA |
Penutup |
a.
Guru dan siswa melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menginformasikan pertemuan selanjutnya menyiapkan penggaris |
Pertemuan 2 |
|
Pendahuluan |
a. Salam,
berdoa, alpha zone, dan akhlak first. b. Apersepsi:
bertanya “ruang lingkup IPA apa saja?” c. Motivasi:
memberi gambaran manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan pembelajaran,
menyampaikan aspek yang dinilai dan menyampaikan kegiatan yang dilakukan pada
pertemuan ini. |
Kegiatan Inti |
a.
Scene
setting memberikan link video tentang cara pentingnya mengukur b.
Guru menampilkan slide show
tentang bentuk baku bilangan dan cara membaca hasil pengukuran menggunakan jangka
sorong dan mikrometer sekrup c.
Siswa mengerjakan mengukur beberapa benda di sekitar menggunakan besaran
baku dan besaran tak baku d.
Siswa mengisi hasil pengukuran di Lembar Kerja
yang dibagikan oleh guru e.
Siswa menjawab 2 pertanyaan yang ada di Lembar Kerja |
Penutup |
a.
Siswa dan guru melakukan
refleksi tentang materi yang telah dipelajari b.
Menyampaikan Q.S Furqon :2 c.
Menginformasikan pertemuan
selanjutnya adalah Ulangan Bab 1 |
Pertemuan 3 |
|
Pendahuluan |
a. Salam,
berdoa, alpha zone, dan akhlak first. b. Apersepsi:
bertanya “apasaja
yang telah kita pelajari di bab 1 ini?” c. Siswa diberikesempatan untuk bertanya |
Kegiatan Inti |
a.
Siswa diberikan soal-soal penilaian harian berupa tes tertulis b.
Siswa mengumpulkan penilaian harian |
Penutup |
a.
Siswa diberitahukan bahwa pekan depan masuk ke bab 2 |
F. |
Remedial dan
Pengayaan |
Remedial |
|
1. |
Menjelaskan kembali mengenai besaran pokok,
besaran turunan,
dan cara membaca hasil pengukuran menggunakan alat ukur |
Pengayaan |
|
1. |
Mengubah bilangan
biasa menjadi bilangan baku |
G. |
Teknik
dan Instrumen Penilaian |
|||||
Pengetahuan |
||||||
1. Menjelaskan keterampilan proses
penyelidikan IPA 2. Menjelaskan kegunaan mempelajari
IPA 3. Menyebutkan objek yang
dipelajari dalam IPA 4. Mengelompokkan besaran ke dalam
besaran pokok dan besaran turunan 5. Mengonversikan satuan Sistem
Internasional pada pengukuran besaran 6. Mengetahui cara mengukur dengan
menggunakan jangka
sorong dan mikrometer sekrup |
Tes tertulis |
|||||
Sikap |
||||||
1.
Jurnal observasi 2.
Penilaian diri 3.
Penilaian sebaya antarteman |
Non Tes |
|||||
Keterampilan
(Laporan Hasil Pengukuran) |
||||||
Keterampilan
Kerja |
Skor |
|||||
5 |
3 |
1 |
||||
Mengukur dengan menggunakan alat yang sesuai |
Alat ukur sesuai dengan besaran yang diukur |
Alat ukur tepat yang diukur tidak tepat |
Tidak tepat keduanya |
|||
Menghitung besaran turunan dengan tepat |
Menggunakan rumus yang tepat dan hasil benar |
Menggunakan rumus tepat hasil salah (atau
sebaliknya) |
Menggunakan rumus dan hasil salah |
|||
Mengetahui, Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah Siti Maryam, SP |
Kalanganyar, Juli 2021 Rasyid Ridho, S.Pd |
0 komentar:
Posting Komentar