WHAT'S NEW?
Loading...

RPP Standar LPMP IPA Ruang Lingkup IPA & Besaran dan Pengukuran SMP Kelas 7 Daring 2021/2022

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Guru

:

Rasyid Ridho, S.Pd

Sekolah

:

SMP Terpadu Al-Qudwah Kalanganyar

Kelas/Semester

:

VII/Ganjil 2021-2022

Mata Pelajaran

:

IPA Terpadu

Materi/Topik

:

Ruang Lingkup IPA & Besaran dan Pengukuran

Alokasi Waktu

:

6 JP @ 2 x 30 menit

 

A.           KI, KD, IPK, Tujuan Pembelajaran

3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

3.1

Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku)

4.1

Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku

1.      Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA

2.      Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA

3.      Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA

4.      Menjelaskan pengertian pengukuran

5.      Membandingkan satuan baku dan tak baku

6.      Mengkonversi satuan baku dalam pengukuran

7.      Melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku

8.      Melakukan pengukuran besaranbesaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

1.      Siswa mampu menjelaskan keterampilan proses penyelidikan IPA dengan tepat melalui diskusi kelas

2.      Siswa mampu menjelaskan kegunaan mempelajari IPA dengan tepat melalui diskusi kelas

3.      Siswa mampu menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA dengan tepat melalui diskusi kelas

4.      Siswa mampu mengelompokkan besaran ke dalam besaran pokok dan besaran turunan dengan tepat melalui pemaparan

5.      Siswa mampu mengonversikan satuan Sistem Internasional pada pengukuran besaran dengan tepat melalui Lembar Kerja

6.      Siswa mampu mengetahui cara mengukur dengan menggunakan beberapa alat ukur dengan benar melalui Lembar Kerja

7.      Siswa mampu membandingkan pengukuran menggunakan satuan baku dan satuan tak baku dengan baik melalui praktik kerja mandiri

8.      Siswa mampu mengembangkan sikap tanggung jawab, kejujuran, dan kedisiplinan melalui pembelajaran daring

 

B.     Model Pembelajaran

1.

Pendekatan

:

Saintifik

2.

Metode

:

Ceramah, praktik kerja mandiri

3.

Model

:

Tanya-jawab, discovery learning

 

C.     Sumber Pembelajaran

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTS Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Abdi Guru. 2018. IPA Terpadu untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Erlangga

 

D.    Media Pembelajaran

Media/Alat/Bahan

1.      Laptop

2.      Power point slide show

3.      Penggaris

 

E.   Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Pendahuluan

a.       Orientasi: Salam dan berdoa

b.      Apersepsi: Mengajukan pertanyaan “Apa saja yang kamu pelajari saat SD?” Motivasi: Menyampaikan tujuan dan manfaat topik pembelajaran

Kegiatan Inti

a.       Melalui Google Meet siswa menyimak  slide show tentang pendahuluan IPA

b.      Siswa mengaitkan cara berpikir ilmiah dengan kehidupan sehar-hari

c.       Siswa diberi kesempatan memberikan pendapat mengenai manfaat belajar IPA

Penutup

a.       Guru dan siswa melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari

b.      Menginformasikan pertemuan selanjutnya menyiapkan penggaris

Pertemuan 2

Pendahuluan

a.       Salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first.

b.      Apersepsi: bertanya “ruang lingkup IPA apa saja?”

c.       Motivasi: memberi gambaran manfaat mempelajari materi ini, menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan aspek yang dinilai dan menyampaikan kegiatan yang dilakukan pada pertemuan ini.

Kegiatan Inti

a.       Scene setting memberikan link video tentang cara pentingnya mengukur

b.      Guru menampilkan slide show tentang bentuk baku bilangan dan cara membaca hasil pengukuran menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup

c.       Siswa mengerjakan mengukur beberapa benda di sekitar menggunakan besaran baku dan besaran tak baku

d.      Siswa mengisi hasil pengukuran di Lembar Kerja yang dibagikan oleh guru

e.       Siswa menjawab 2 pertanyaan yang ada di Lembar Kerja

Penutup

a.       Siswa dan guru melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajari

b.      Menyampaikan Q.S Furqon :2

c.       Menginformasikan pertemuan selanjutnya adalah Ulangan Bab 1

Pertemuan 3

Pendahuluan

a.       Salam, berdoa, alpha zone, dan akhlak first.

b.      Apersepsi: bertanya “apasaja yang telah kita pelajari di bab 1 ini?”

c.       Siswa diberikesempatan untuk bertanya

Kegiatan Inti

a.       Siswa diberikan soal-soal penilaian harian berupa tes tertulis

b.      Siswa mengumpulkan penilaian harian

Penutup

a.       Siswa diberitahukan bahwa pekan depan masuk ke bab 2

 

F.

Remedial dan Pengayaan

Remedial

1.

Menjelaskan kembali mengenai besaran pokok, besaran turunan, dan cara membaca hasil pengukuran menggunakan alat ukur

Pengayaan

1.

Mengubah bilangan biasa menjadi bilangan baku

 

G.

Teknik dan Instrumen Penilaian

Pengetahuan

1.      Menjelaskan keterampilan proses penyelidikan IPA

2.      Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA

3.      Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA

4.      Mengelompokkan besaran ke dalam besaran pokok dan besaran turunan

5.      Mengonversikan satuan Sistem Internasional pada pengukuran besaran

6.      Mengetahui cara mengukur dengan menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup

Tes tertulis

Sikap

1.      Jurnal observasi

2.      Penilaian diri

3.      Penilaian sebaya antarteman

Non Tes

Keterampilan (Laporan Hasil Pengukuran)

Keterampilan Kerja

Skor

5

3

1

Mengukur dengan menggunakan alat yang sesuai

Alat ukur sesuai dengan besaran yang diukur

Alat ukur tepat yang diukur tidak tepat

Tidak tepat keduanya

Menghitung besaran turunan dengan tepat

Menggunakan rumus yang tepat dan hasil benar

Menggunakan rumus tepat hasil salah (atau sebaliknya)

Menggunakan rumus dan hasil salah

 

 

Mengetahui,

 

Kepala SMP Terpadu Al-Qudwah

 

 

 

Siti Maryam, SP

 

Kalanganyar,     Juli 2021

 

 Guru Mata Pelajaran IPA Terpadu

 


Rasyid Ridho, S.Pd

0 komentar:

Posting Komentar